MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI KELAS VI SD NEGERI 1 SELAT
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat?. Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat?. Dan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat. Dan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas classroom action research) yang dilaksanakan minimal dua siklus. Setiap siklus pada penelitian tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) Refleksi. Berdasarkan pembahasan diketahui bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan) pada pokok bahasan segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat dinyatakan berhasil ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar. Pada siklus I, hasil belajar peserta didik pada siklus I lebih baik dari tes awal sebelum tindakan. Di mana diketahui rata-rata kelas adalah 69,07 dengan ketuntasan belajar 59,26% (16 peserta didik) meningkat menjadi ketuntasan belajar 88,89% (24 peserta didik) Maka disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran di atas dinyatakan tuntas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah W. Sri.(2014).Strategi Pembelajaran di SD.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka
Andriani Durri, dkk.(2017).Metode Penelitian. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka
Wardani I.G.A.K.(2017).Penelitian Tindakan Kelas.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka
Muhsetyo Gatot, dkk.(2018).Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka
Gewinner Malandala.(2012).Hakikat Hasil Belajar.http://malalanda.blogspot.co.id
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu,Teori Praktik dan Penilaian. Grafindo: Jakarta
A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
http://www.karyatulisku.com/2017/09/24-pengertian-belajar-menurut-para-ahli.html
Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
www.karyatulisku.com
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats