MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI KELAS VI SD NEGERI 1 SELAT

REPI REPI

Abstract


Masalah  dalam penelitian ini adalah  Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat?. Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat?. Dan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat. Dan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat. Penelitian yang     dilaksanakan   adalah penelitian tindakan kelas classroom action research) yang dilaksanakan minimal dua siklus. Setiap siklus pada penelitian tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) Refleksi. Berdasarkan pembahasan diketahui bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning dapat  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan) pada pokok bahasan segiempat dan segitiga di kelas VI SD Negeri 1 Selat dinyatakan berhasil ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar. Pada siklus I, hasil belajar peserta didik pada siklus I lebih baik dari tes awal sebelum tindakan. Di mana diketahui rata-rata kelas adalah 69,07 dengan ketuntasan belajar 59,26% (16 peserta didik)  meningkat menjadi  ketuntasan belajar 88,89% (24 peserta didik)   Maka disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran di atas dinyatakan tuntas.


Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar & Strategi Pembelajaran (Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Anitah W. Sri.(2014).Strategi Pembelajaran di SD.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Andriani Durri, dkk.(2017).Metode Penelitian. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Wardani I.G.A.K.(2017).Penelitian Tindakan Kelas.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Muhsetyo Gatot, dkk.(2018).Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Gewinner Malandala.(2012).Hakikat Hasil Belajar.http://malalanda.blogspot.co.id

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu,Teori Praktik dan Penilaian. Grafindo: Jakarta

A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

http://www.karyatulisku.com/2017/09/24-pengertian-belajar-menurut-para-ahli.html

Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

www.karyatulisku.com




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats