PENGGUNAAN MEDIA LIDI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SDN 36 CAKRANEGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

SANG AYU TIRTAWATI

Abstract


Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada operasi  penjumlahan dan pengurangan dengan media lidi kelas 1 SDN 36 Cakranegara. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah atkan kemampuan siswa mengerjakan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan apakah dengan media lidi dapat meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan opersi hitung penjumlahan dan pengurangan. Analisis data yang digunakan dengan metode  kualitatif. Pelaksanaan penelitian pada siklus 1 didasarkan pada data hasil yang diperoleh pada pra siklus. Dari hasil evaluasi dan refleksi di peroleh nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan  masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah sebesar 70. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 74,34 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,26%. sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 94,34 dan persentase ke tuntasan klasikal sebesar 95,65%. berdasarkan data yang diperoleh dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini telah tercapainya seluruh indikator pembelajaran melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan data di atas penggunaan media lidi pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan kelas 1SDN 36 Cakranegara Tahun Pembelajaran 2016/2017

Keywords


Media Lidi, Prestasi Belajar & Matematika

Full Text:

PDF

References


Anitah, W. (2014).Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: UniversitasTerbuka.

Gunarsa, Singgih D. (2002). Psikologi Perkembangan Anak Remaja. Jakarta:Gunung Agung

Hamalik, Oemar. (2004). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Martina.

Pratini, Sri. (2005). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing.

Sudjana, Nana.(2009). Penelitian Hasil Belajar dan Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sadiman, Arif. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

WJS Purwadarmito.(2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zainal, Aqib, dkk.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats