UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 36 CAKRANEGARA

Susi Purwaningsih

Abstract


Tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk  meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI degan mengunakan metode problem based learning. Untuk mendiskrifsikan cara meningkatkan proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS  dikelas tinggi  dengan menggunakan metode problem based learning. Subjek penelitian siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 36 Cakranegara dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Tempat penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri  36 Cakranegara Kecamatan Cakranegara. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan hasil pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut :Hasil proses belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 33 orang siswa yang mendapat nilai rata-rata > 70 ke atas berjumlah 17 orang, dan dari rata-rata nilai keseluruhan siswa hanya mencapai 64.36, namun secara klasikal persentasi kebehasilan siswa adalah 51.51 %  sehingga pada siklus I belajar siswa dikatakan cukup baik  pada tes essay. Untuk mendapatkan hasil yang baik.dan hasil proses belajar siswa pada siklus II  dapat disimpulkan bahwa pada siklus II sudah memenuhi indikator kinerja yang direncanakan dimana pembelajaran dikatankan tuntas bila > 85 % siswa memperoleh rata- rata > 70. Dalam kenyataan siswa yang meperoleh skor 70 ke atas berjumlah 31 orang dengan nilai klasikal adalah 93.94 % sedangkan nilai rata-rata 80.32 ini sudah melebihi KKM. maka dapat disimpulkan bahwa Upaya meningkatkan belajar siswa dengan mengunakan metode problem based learning dalam pembelajaran IPS di kelas VI SDN 36 Cakranegara  sudah mencapai hasil yang signifikan atau sudah tuntas sehingga hasil perbaikan pembelajaran diakhiri pada siklus II.


Keywords


Hasil Belajar Siswa ,Metode Problem Based Learning & Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Hobri, 2009. Pembelajaran Matematika Berorientasi Vocational Skill dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Kejuruan, (Malang: UM Press,)

Havivi, Siti Radhiyatul. 2014. Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas VI SD Negeri 12 Banda Aceh. Tidak diterbitkan. Aceh.

Majid, Abdul. 2018 . Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Group. Jakarta.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama. Bandung.

Supardi. 2018 . Penilaian Autentik Pembelajaran Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. Raja Grafindo Persada. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats