UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 36 CAKRANEGARA
Abstract
Tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI degan mengunakan metode problem based learning. Untuk mendiskrifsikan cara meningkatkan proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas tinggi dengan menggunakan metode problem based learning. Subjek penelitian siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 36 Cakranegara dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Tempat penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 36 Cakranegara Kecamatan Cakranegara. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan hasil pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut :Hasil proses belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 33 orang siswa yang mendapat nilai rata-rata > 70 ke atas berjumlah 17 orang, dan dari rata-rata nilai keseluruhan siswa hanya mencapai 64.36, namun secara klasikal persentasi kebehasilan siswa adalah 51.51 % sehingga pada siklus I belajar siswa dikatakan cukup baik pada tes essay. Untuk mendapatkan hasil yang baik.dan hasil proses belajar siswa pada siklus II dapat disimpulkan bahwa pada siklus II sudah memenuhi indikator kinerja yang direncanakan dimana pembelajaran dikatankan tuntas bila > 85 % siswa memperoleh rata- rata > 70. Dalam kenyataan siswa yang meperoleh skor 70 ke atas berjumlah 31 orang dengan nilai klasikal adalah 93.94 % sedangkan nilai rata-rata 80.32 ini sudah melebihi KKM. maka dapat disimpulkan bahwa Upaya meningkatkan belajar siswa dengan mengunakan metode problem based learning dalam pembelajaran IPS di kelas VI SDN 36 Cakranegara sudah mencapai hasil yang signifikan atau sudah tuntas sehingga hasil perbaikan pembelajaran diakhiri pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Hobri, 2009. Pembelajaran Matematika Berorientasi Vocational Skill dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Kejuruan, (Malang: UM Press,)
Havivi, Siti Radhiyatul. 2014. Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas VI SD Negeri 12 Banda Aceh. Tidak diterbitkan. Aceh.
Majid, Abdul. 2018 . Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Group. Jakarta.
Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama. Bandung.
Supardi. 2018 . Penilaian Autentik Pembelajaran Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. Raja Grafindo Persada. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats