PENERAPAN METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 44 CAKRANEGARA
Abstract
Selama ini penulis melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran yang cenderung teacher center, sehingga siswa hanyalah sebagai objek. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya nilai pengetahuan siswa khususnya pada materi pencernaan makanan. Untuk mengatasi hal tersebut penulis memperbaiki proses pembelajaran dengan memilih metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 44 Cakranegara. PTK dilaksanakan mulai dari penyusunan proposal sampai dengan penyusunan laporan yaitu dari bulan Juli sampai dengan bulan November 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen aktivitas siswa selama proses pembelajaran, sedangkan Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dikatakan berhasil apabila aktivitas belajar siswa telah mencapai nilai ≥ 80 % dengan kategori tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh adalah skor rata-rata untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 2.75 (68.75%) meningkat menjadi 3.5 (87.50%) pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa setelah menggunakan penggunaan metode eksperimen aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 44 Cakranegara mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abin, Syamsudin. 2005. Perencanaan Pendidikan Suatu Metode Komprehensif. Bandung: Rosda Karya.
Amirin, Tatang. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Aminuddin, 2004. Modul Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Cipta Karya
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Metode Praktis. Jakarta :Rineka Cipta.
Badudu, J.S. 1975. Sari Kesusastraan Indonesia. Jakarta : CV.Tiga Serangkai.
Depdiknas, 2004. Petunjuk Penyelenggaraan Pengajaran. Jakarta : Penerbit Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Hamzah, 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Jalaludin, Rahmat.1985. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Moleong, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Nurkencana, 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Pidarta, Made. 1988. Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta : Rineka Cipta
Slamet, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sudjana, N. 1989. Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sumiati, 2006. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Suryabrata, 1985. Metodologi Penilitian Sosial. Bandung : Remaja Rosda Karya
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats