ANALISIS SEKTOR BASIS PDRB DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PEMBANGUNAN INKLUSIF DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Lalu Satria Utama

Abstract


Keterpaduan dan  koordinasi pembangunan di antara Kabupaten dengan Provinsi maupun dengan Pusat masih perlu ditingkatkan, hal menyebabkan masih lemahnya sinergi program pengentasan kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum dapat mewujudkan pemerataan karena proses trickle-down belum dapat mensejahterakan masyarakat secara merata terlihat dari tidak seimbangnya pertumbuhan ekonomi dengan tingkat penurunan angka kemiskinan. Potensi unggulan masing-masing wilayah belum dapat digali secara maksimal. Belum sinkronnya gerak langkah berbagai pihak di daerah untuk bisa mendorong kemajuan daerah. Komunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota belum intensif. Sinkronisasi program-program yang dijalankan antar program pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota kurang, sehingga capaian program pemerintah kabupaten/kota masing pemerintah kabupaten/kota-masing belum maksimal. Manfaat dari program tersebut juga belum bisa dirasakan secara optimal oleh masyarakat. Belum diketahuinya secara jelas sektor basis yang mampu menggerakkan sektor-sektor lainnya secara signifikan. Masalah dalam penelitian ini adalah Sektor-sektor manakah yang merupakan sektor basis  dari sektor-sektor pembentuk PDRB di Kabupaten Lombok Tengah dan bagaimana peran sektor basis dalam menanggulangi masalah kemiskinan. Maksud penelitian adalah menganalisis sektor-sektor basis dalam  mengatasi masalah kemiskinan. Tujuannya adalah : 1).  Menganalisis  Sektor-Sektor  pembentuk PDRB sebagai sektor basis di Kab. Lombok Tengah; 2). Menganalisis peranan sektor-sektor  basis dalam pengentasan kemiskinan di Lombok Tengah. Manfaat dan kegunaan praktis yang  diharapkan  adalah sebagai masukan untuk kebijakan pembangunan daerah baik di Kab. Lombok Tengah maupun di  daerah-daerah lainnya.  Manfaat teoritis  adalah sebagai kontribusi bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh  peneliti-peneliti lainnya guna memperkaya khasanah akademis dibidang pemerintahan dan perencanaan daerah, serta pengentasan kemiskinan. Hasil dari penelitian ini adalah Peran sektor basis dalam menanggulangi masalah kemiskinan antara lain adalah karena: Peran  sebagai peretas keterisolasian atau paling populer dengan sebutan “prime mover”, permasalah kemiskinan menyangkut lapangan kerja, Peran sektor angkutan adalah meningkatkan pendapatan masyarakat termasuk para pengusaha/pengelola usaha transportasi, terintegrasinya Kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam Pengembangan Pariwisata, peran sebagai pemasok wisatawan di NTB khususnya Kabupaten Lombok Tengah.


Keywords


Pembangunan, Inklusif, PDRB dan Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Andre B. 1981. Kemiskinan dan Strategi Memerangi Kemiskinan. Yogyakarta : Liberty

Budiman. 1995. Sastra (dan) Ideologi. Sebuah Tinjauan Teoritis dalam BASIS. Nomor 6 Bulan Juni XLIV. Yogyakarta.

Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik dan Ilmu Sosia lainnya. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.

Fernandez , Joe .2009. Anggaran Prokaum Miskin: Konsep dan Praktek”,dalam: Abdul Waidl, Yuna Farhan dan Diding Sakri (eds) “Anggaran Pro‐Kaum Miskin: Sebuah Upaya Menyejahterakan Masyarakat., hal 3‐31.Jakarta: Pustaka LP3ES.

Dillon, H.S. 1999 Pertanian Membangun bangsa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Prasetyantoko, A. 2008. Bencana Finansial, Stabilitas Sebagai Barang Publik. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Remi, Sutyastie Soemitro dan Tjiptoherijanto, Prijono. 2002. Kemiskinan dan Ketidakmerataan Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Rustiadi Ernan, Saefulhakim Sunsun dan R.Panuju Dyah. 2011. Perencanaan dan. Pengembangan Wilayah. Jakarta. Crestpent Press dan Yayasan Pustaka.

Sumodiningrat. 1997. Gunawan. Membangun Perekonomian Rakyat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tikson, Deddy, 2005. Keterbelakangan dan Ketergantungan, Teori Pembangunan di Indonesia, Malaysiah dan Thailand. Ininnawa, Makassar.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats