MASALAH AGENSI PADA PERUSAHAAN KONSUMSI YANG TELAH GO PUBLIK DI BEI TAHUN 2009 SAMPAI TAHUN 2013

Wahyuni Sri Astutik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masalah agensi yang terjadi pada perusahaan Konsumsi yang telah go publik di BEI tahun 2019 sampai tahun 2013. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan Konsumsi yang terdaftar di Bursa  Efek Indonesia. Sampel pada penelitian ini sebanyak 20 perusahaan.yang ditentukan dengan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada perusahan Konsumsi yang go Publik di Bursa Efek Indonesia  tahun 2009 sampai 2013 rata-rata kepemilikan instituonal sebesar 73.77 %. Kepemilikan manajerial rata-rata selama 5 tahun sebesar 2.68 % dan kepemilikan publik sebesar 23.92%. Terdapat kesenjangan yang besar antara kepemilikan institusional dengan kepemilikan manajerial. Dapat dimaknai  bahwa kepemilikan saham manajerial pada perusahaan  Konsumsi di Bursa efek Indonesia sangat kecil. Kecilnya kepemilikan manajer menjadikan manajer tidak dapat mempengaruhi bisnis perusahaan. Perusahaan Konsumsi menggunakan  kepemilikan keluarga  dengan siasat fusi  kepemilikan dengan membentuk entitas perusahaan induk {holding company). Terindikasi manajer  merupakan kepanjangan tangan dari founder atau pemilik perusahaan, dan dalam pengendalian kepemilikan institusional, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi masalah agensi atau hanya terjadi masalah agensi yang semu

Keywords


Kepemilikan Saham Manajerial & Masalah Agensi

Full Text:

PDF

References


Jensen, M. C. and Willian Meckling. (1976). “Theory of the firm managerial agency cost and ownership structur”. Journal of Financial Economi October Vol 3 No 4 pp 305-360

Jensen, M, C., & Meckling. (1986). Agency Cost of free cash flow, corporate finance and take over. Amirican Economi Review, 76,323-360.

Demset and B.Vitalonga. 2001 Ownership structure and Corporate Performance’. Journal of Corporate Performance Vol. 7, issue ,3 Sept pp 209-233

Claessens et al., 2000. The Saparation of Ownership Corporate Laverage and Corporate Devidend “ Financial Management/ Winter 198

Ferdinand Agusty, 2006. Metode Penelitian Manajemen, Sari Pustaka Universitas BP Diponegoro

Suta P,G. (2000). Menuju Pasar Modal Modern, Jakarta : Penerbit Yayasan Satria Bakti.

Sudarma. Made.( 2004). Pengaruh Struktur Kepemilikan sahan, Faktor Intern dan Faktor 6Ekstern Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Diserta Universitas Brawijaya

Ross S.(1977) “The Determinants of Corporate Borowing”. Journal of Financial Economi, 5 pp 147-175.

Lee. (2012).” Owrnership Structur and Financial Performance evidence from Panel Clacification G 32, G 34

Laporan Keuangan Perusahaan Konsumsi tahun 2009 sampai tahun 2013.

Moh’d MA, Perry LG dan Rimbey JN. (1998) “The Impact of Ownership Structure on Corporate Debt polycy” A Time Series Cross Section Analysis. The Financial Review, 33, pp 85-98.

Ruan, Tian 8 Ma. (2011). Managerial Ownership, Capital Structure and Firm Value.JEL Clasification Vol 3.

Iturriaga dan Sanz. 2012. “Ownership Structure, Financial decision and Institusi Setting An International Analysis through Simultaneous” Equation, Economy Research International.5-23




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i6.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats