PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN KANGKUNG OLEH PETANI KANGKUNG DI KOTA MATARAM (NTB)

Muhama Asrul Oktarizal, Suharti Suharti, Syarifah Massuki Fitri, Suwandi Suwandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana para petani kangkung khususnya di Kota Mataram menghitung Harga Pokok Penjualan kangkung dimana kangkung yang merupakan bahan utama dari pelecing dan merupakan kuliner khas Lombok  yang menjadi daya Tarik wisata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah Harga Pokok Penjualan kangkung  terhadap penjualan  kangkung ditentukan oleh : 1. Tempat memasarkan, 2. Waktu Penjualan, 3. Jenis Kangkung, 4. Ikut tidaknya petani dalam komunitas kelompok tani

Keywords


Harga Pokok Penjualan, Kangkung, Petani Kangkung & Kota Mataram

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Akbar, Pergiawan.“Penghitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus UKM Rengginang Sari Ikan di Sumenep)”. Jurnal Universitas Negeri Maulan Malik Ibrahim, (2015): h. 1-16

Batubara, Helmina. “Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di UD. Istana Alumunium Manado”. Jurnal EMBA, Vol.1, No.3, ISSN 2303-1174, (2013):h. 217-224.

Cahyani, Galuh Fitri Nur. “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi pada Pabrik Tahu “Sari Langgeng” Kutoarjo dengan Metode Full Costing”. Repository Universitas PGRI Yogyakarta, (2015): h.1-12

Dunia, Firdaus Ahmad dan Wasilah Abdullah. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Hansen, Dor R dan Maryanne M Mowen. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Hidayat, Rahmat.. “Analisis Penerapan Biaya Relevan dalam Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada UD. Rezky Bakery”. Jurnal EMBA, Vol.2, No. 4, ISSN 2303-1174, (2014): h. 435-443.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlis, Saiful. Akuntansi Biaya Kontemporer. Makassar: Alauddin University Press,2013.

Musianto, Lukas S. “Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian”. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 4, No.2, (2002): h. 123-136.

Pricilia, dan Jullie Sondakh, Agus Poputra. “Penentuan Harga Pokok Produksi dalamMenetapkan Harga Jual pada UD. Martabak Mas Narto di Manado”. Jurnal EMBA, Vol. 2, No.2, ISSN 2303-1174, (2014): h. 1077-1088.

Raiborn, Cecily. A dan Michael R. Kinney. Akuntansi Biaya: Dasar dan Perkembangan, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Rifqi, Mochammad Anshar Hawari. “Analisis Full Costing dan Variabel Costingdalam Perhitungan Harga Pokok Produksi pada Usaha Moulding Karya Mukti Samarinda”. E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 2, No. 2, ISSN 2355-5408, (2014): h. 187-200

Samsul, Nienik H. “Perbandingan Harga Pokok Produksi Full Costing dan Variable Costing untuk Harga Jual Cv. Pyramid”. Jurnal E MBA, Vol.1, No.3, ISSN 2303-1174, (2013): h. 366-373




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats