PENERAPAN TEKNIK SKRAMBEL PARAGRAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEMESTER I KELAS VI SDN NEGERI 1 TAMANSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Wayan Ada
Abstract
Keterampilan membaca pemahaman pada siswa semester I kelas VI SD Negeri 1 Tamansari tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Dikatakan demikian tersebut karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton tidak banyak mendorong pencapaian keterampilam membaca sehingga siswa kurang antusias dan tidak tertarik dalam kegiatan arena masih ada siswa yang belum mencapai nilai dengan KKM yaitu 60. Hal pembelajaran, khususnya pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara konkret penerepan teknik skrambel untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa semester I kelas VI di SD Negeri 1 Tamansari. Tujuan lain dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai perubahan prilaku siswa selama mengikuti proses belajar mengajar dengan teknik skrambel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 1 Tamansari yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika ≥ 75 % siswa memperoleh nilai ≥ 60. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata hasil belajar sebesar 7,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 68,57 %. Pada`siklus II, rerata hasil belajar meningkat menjadi 8,14 dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 94,27 %. Jadi dengan penerapan teknik skrambel, maka dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa semester I kelas VI SD Negeri 1 Tamansari tahun pelajaran 2019/2020
____________________________________________ MEDIA BINA ILMIAH ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online) Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com