UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KELAS DI SD NEGERI 4 BENGKAUNG KEC. BATULAYAR KAB. LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Sarki Sarki
Abstract
Salah satu tugas Kepala Sekolah adalah melaksanakan supervisi di sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk melaksanakan supervisi kunjungan kelas secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal. Oleh karena itu, setiap pengawas harus memiliki dan menguasai konsep supervisi kunjungan kelas yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi kunjungan kelas. Salah satu upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pendidikan adalah melalui peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar yang dilakukan melalui pembinaan supervisi kunjungan kelas kepala sekolah. Tujuan dari penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi kunjungan kelas di SD Negeri 4 Bengkaung Kec. Batulayar. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, Terjadi peningkatan kinerja guru, melalui pembinaan supervisi kelas hasilnya sangat baik. Hal itu tampak pada pertemuan pertama dari 14 orang guru yang ada pada saat penelitian ini dilakukan nilai rata rata mencapai ; 60,71 meningkat menjadi 73,21 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 82,14 sedangkan capaian kinerja guru secara kelompok dikatakan tuntas 100 % perubahan yang diinginkan mencapai 85 % ketercapaiannya, maka supervisi kelas tersebut dikatakan efektif. Dengan demikian maka proses pembinaan melalui supervisi kelas dinyatakan tuntas dan berhasil.
Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.
Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala sekolah , Semarang: Adhi Waskitho.
Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.
Dedi Herawan, 2005. Pengembangan Model Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA-Biologi: Efektifitas Model Inovasi Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMU. Tesis Tidak diterbitkan UPI Bandung.
Depdiknas RI 2007, Peraturan No 12 Tentang Profesional Kepala sekolah .Jakarta : Depdiknas
____________________________________________ MEDIA BINA ILMIAH ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online) Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com