KARAKTERISTIK BRIKET CAMPURAN ARANG SERBUK GERGAJI DENGAN ARANG CANGKANG KELAPA

Prihono Prihono

Abstract


Penelitian ini berjudul karakteristik briket campuran arang serbuk gergaji dengan arang cangkang kelapa. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui komposisi briket dari arang serbuk gergaji dengan penambahan arang cangkang kelapa sehingga dapat menghasilkan komposisi briket yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan pecobaan di Laboratorium. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan satu faktor yaitu karakteritik arang cangkang kelapa dengan penambahan arang serbuk gergaji yang terdiri atas 3 perlakuan. Masing- masing perlakuan diulang 5 kali sehingga di peroleh 15 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman (Analysis of variance) pada taraf nyata 5 %. Bila pada perlakuan yang berpengaruh secara nyata maka diuji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata yang sama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang terbatas pada ruang lingkup penelitian dapat disimpulkan, semakin tinggi penambahan arang cangkang  kelapa, maka kadar air,  stability dan drop test semakin rendah, sedangkan densitas semakin tinggi. Hal tersebut disebabkan karena partikel pektin yang ada pada arang cangkang kelapa dapat mengikat dengan baik dan memiliki standar berat maksimal. Hasil lain menunjukkan bahwa perlakuan yang paling baik adalah dengan  perlakuan C (70:30) cangkang kelapa dan arang serbuk gergaji karena dari segi warna api merah.


Keywords


Karakteristik, Briket, Serbuk Gergaji & Arang Cangkang Kelapa

Full Text:

PDF

References


Erwandi, 2005. Sumber Energi Arus : Alternatif Pengganti BBM, Ramah Lingkungan, dan Terbarukan.www.Energi lipi.go.id (14 Mei 2008)

Jamilatun, S., 2008. Faktor - faktor Briket Penyalaan dan Pembakaran Briket Biomassa, Briket Batubara dan Arang Kayu Jurnal Rekayasa Proses.2 (2):37-40.

Pari, G., 2002. Industri Pengolahan Kayu Teknologi Alternatif Pemanfaatan Limbah (makalah filsafah sains). Bogor. Institute Pertanian Bogor.

Sekianti, R., 2008. Analisis Teknik dan Finansial pada Produk Bahan Bakar Briket dari Cangkang Kelapa Sawit. Hal. 1

Sudiyani, Y., Nurhayati, M. Gopar, H. Udin, dan Sudijono, 1999. Pengujian Kualitas Arang dan Briket Arang dari Tempurung Kelapa. Proceding Seminar Nasional II Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia. Buku I. Yogyakarta

Triono, 2006. Pembuatan Briket Dari Arang. Yogyakarta : Kanisius

Tsoumis, G., 1991. Science and Technology of wood : Structure, Properties, Utilization, New york, Van Nostrand Rienhard.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i9.494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats