ANALISIS TREND TINGKAT PENJUALAN PERHIASAN MUTIARA PASCA GEMPA LOMBOK PADA UD “LIA PEARL” DI KOTA MATARAM

I Gusti Ayu Oka Netrawati, Roga Pujangga Putra, I Gusti Putu Bagus Suastina

Abstract


Provinsi NusaTenggara Barat merupakan tujuan wisata setelah Bali. Perkembangan sektor pariwisatanya cukup cepat. Pilihan wisatawan dalam menikmati hasil komoditi NTB salah satunya adalah mutiara. Mutiara Lombok terkenal kualitasnya baik domestic, regional maupun internasional. Pasca gempa Lombok cikup signifikan dampakntya terhadap perekonomian sehingga menurunkan pendapatan asli daerah (PAD) , walaupun beberapa bulan. Turun naiknya  tingkat penjualan  terasa bagi penggeliat bisnis. Salah satunya adalah UD” Lia  Pearl “ di Kota Mataram. Permasalahan ini dapat berpengaruh terhadap tingkat pendapatan pembisnis bahkan dampaknya pada  tingkat perekonomian.secara makro. Karena berkurangnya kunjungan wisata ke pulau  Lombok.  Jenis penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif dengan analisis statistik deskriptif. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini bahwa terjadi naik turun tingkat penjualan  dan rata-rata per semester dari tahun 2016 sampai dengan semester I tahun 2019 adalah  sebesar Rp.215.221.429,00,- ± Rp.14.971.429,00,-. Dengan nilai minimum penjualan  sebesar Rp..375.000.000,00,- dan nilai maksimumnya  adalah sebesar Rp.73.650.000,00,-. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi fluktuasi tingkat penjualan  perhiasan mutiara pasca gempa pada UD”Lia Pearl”, di Kota Mataram. Diharapkan kepada pihak manajemen agar dapt meningkatkan penjualan dengan lebih menggalakkan promosi sedangkan kepada pemerintah dan instansi terkait serta mitra kerja untuk melakukan pembinaan terutama di bidang pemasaran dan pembelanjaan.

Keywords


Fluktuasi, Penawaran Permintaan & Pasar

Full Text:

PDF

References


Bambang Riyanto, Prof.Dr, 2011, Dasar - Dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE UGM, Yogyakarta

Kasmir,SE,MM dan Jakfar,SE,MM,2012, Studi Kelayakan Bisnis, Penerbit Kencana Persada Media Group, Jakarta.

(https://kitarumus.blogspot.com/2016/04/rumus-dasar-dan-penjelasan statstika.html?m=1 tanggal 1 juli ,jam 23.56)

(https://matematikajitu.wordpress.c0m/2011/10/01/rata-rata-sd-mi tanggal 1 juli 2019 ,jam 23.33)

Basu Swastha, Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta

Darsono,P, Ari Purwanti, 2010, Pengangaran Perusahaan, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta

H.Buchari Alma,2008, Kewirausahaan,untuk Mahasiswa dan Umum, PenerbitAlfabeta, Bandung

H,Nandan Lima Krisna, Wilhelmus Hary Susilo, 2012, Manajemen pemasaran, Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis, Penerbit Miyra Wacana Media, Jakarta

Gunawan Adi Saputra, 2010, Mnajemen Pemasaran, Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta

https://www.maxmanroe.com?pengertian-marketing-mi.htm

https://kominfo.go.id/content/detail/5277/ekonoli.kreatif-adalah-pilar-perekonomian-masadepan/0/beita

https://economy.okezone.com/read/2011/11/18/320/531386/5-kendala-pengembangan-ekonomi-kreatif-di-ri

https://www.umm.ac.id/en/opini/ekonomi-kreatif-permasalahan-tantangan-dan-prospeknya.htmi

Kadar Nurzaman,,SE,MM,2014,Manajemen Perusahaan,Penerbit Pustaka Beta, Bandung

Siti Wardah dan Iskandar , 2016 , Analisis Peramalan penjualan produk Kripik Kemasan bungkus ( Studi Kasus Home Industry : Arwana Food Tembilahan), Jurnal Teknik Industri Vol. XI . No. 3 , September 2016

Mas’ud Machfoedz ,Mahmud Machfoedz, 2005, Kewirausahaan , Metode, Manajemen,dan Implementasi, Penerbit BPFE UGM, Yogyakart

Suliyanto, 2009, Metode Riset Bisnis, Penerbit ANDI , Yogyakar




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i9.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats