MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN MENULIS RECOUNT TEXT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN DIARY PADA SISWA KELAS X MS2 SMAN 1 NARMADA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Maslikah Maslikah

Abstract


Recount text adalah text yang diajarkan dalam materi pembelajaran Bahasa Inggris kelas X. Penulis melakukan penelitian keterampilan menulis Recount Text ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya prestasi ulangan harian siswa yang terlihat di analisis hasil ulangan siswa. Persentase siswa yang telah mencapai ketuntasan (nilai 75) secara klasikal belum mencapai target yang diharapkan walaupun sudah menggunakan pendekatan saintifik.Untuk mengoptimalkan keterampilan menulis Recount Text ini, penulis mencoba menggunakan bantuan “Diary” dalam menerapkan pendekatan saintifik sehingga dapat mengoptimalkan keterampilan menulis Recount Text dan memotivasi siswa untuk gemar menulis. Pendekatan saintifik ini diawali dengan mengamati, menanya, mengeksplor, mengasosiasi dan yang terakhir adalah mengomunikasikan (menulis Recount Text). Di tahap yang menghasilkan karya sendiri inilah “Diary” diperlukan untuk mengoptimalkan keterampilan menulis siswa. Diary adalah catatan harian siswa yang sudah ditulis dari rumah. Tujuan PTK ini untuk mengetahui pengaruh penerapan “pendekatan saintifik dengan bantuan diary dalam mengoptimalkan keterampilan menulis Recount Text siswa kelas X MS2 SMAN 1 Narmada”. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa pada siklus I sebesar 66% siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 74,9. Dikarenakan belum mencapai target yang diharapkan yakni jumlah siswa yang tuntas sebesar 80%  maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II ini jumlah siswa yang tuntas sebesar 93% dengan nilai rata-rata sebesar 81,1. Dengan demikian pendekatan saintifik dengan bantuan “Diary” ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X MS2 SMAN 1 Narmada.


Keywords


Pendekatan Saintifik, Diary, Keterampilan Menulis (Writing).

Full Text:

PDF

References


Anderson, Le.W. & Kreathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York. Longman.

Arikunto,dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ann Chenoweth & Curtis Kelly, “Basic In Writing”

Bruner, J. 1996. The Culture of Education. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Calabrese Barton, A. 1998. Refarming “science for all” through the politics of poverty, Educational Policy, 12, 525-541.

Drs. Nanan Suryana, S.Pd, M.Eng, 2007. “Genre Reading Comperhension”

Depdiknas, 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta : Depdiknas-RI

Harding, S. 1998. Is Science Multicultural? Postcolonialism, Feminism, and Epistemologies. Bloomington: Indiana University Press.

Hyland, F., 2000. ESL Writers and Feedback: Giving More Autonomy to Students. Journal of Second Language Research 4, 1, pp.33-54.

Ibrahim, Y.I. 1991. “Improving Written Communication Skill Using Process Aproach”

Julie Teoh, B.A, “Advanced English Practice”

Kristono, dkk., 2005. “The Bridge English Competence”

O’Brien, Teresa, 2004. “Writing in a Foreign Language: teaching and learning”. Language teaching 37, pp.1-28.

Oshima, A. & A. Hogue. 1988. “Introduction to Acadenic Writing”. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.

Roca de Larios, J. Murphy, & J. Martin, 2002, “A Critical Examination of L2 Writing Process Research” dalam Ransdell. S. & Barbier. MI. (eds). New Direction for Research in L2 Writing. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Sadler & Hayllar. 2000. “Text In Action I”

Soeprapto, F.A. & Mariana Darwis, 2006. “Linked to the world I”

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana & Ibrahim, 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (lembar Negara RI tahun 2003 No.78, tambahan lembar Negara RI No.4301).

Wahyu Sundayana, dkk., 2006. “Contextual Leraning”




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats