KONTRIBUSI LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI DALAM MEMPENGARUHI MOTIVASI BERWIRAUSAHA
Abstract
Tingginya pengangguran tenaga terdidik mendorong akademi selalu berupaya membangkitkan motivasi berwirausaha pada mahasiswanya. Sementara disisi yang lain hampir 50% mahasiswa di prodi pendidikan eknomi STKIP PGRI Tulungagung kuliah sambil bekerja di sektor ekonomi kreatif. Untuk itulah tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan efikasi diri pada motivasi berwirausaha . Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 6 kelas A dan B sebanyak 72 mahasiswa. Observasi dan angket tertutup digunakan untuk pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa sebesar 58,50%. Secara parsial terdapat (1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha dengan t hitung 4,032 >t tabel 1,99495 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05;(2) Pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha dengan t hitung 3,523 > t tabel 1,99495 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Berdasarkan indikator lingkungan keluarga menunjukkan bahwa didikan yang baik dari orang tua, terjaganya interaksi didalam keluarga serta suasana rumah yang bersih dan nyaman dapat sebesar 0,436. Sementara efikasi diri dapat meningkatkan motivasi berwirausaha adalah 0,341. Temuan penelitian ini adalah latar belakang keluarga yang tinoto dan pengalaman sebelumnya dari mahasiswa merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan motivasi berwirausaha. Untuk efikasi diri ditemukan bahwa keyakinan diri mahasiswa untuk berwirausaha karena adanya kebutuhan untuk tetap berwirausaha sekaligus bisa meneruskan kuliah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship). https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21-30
Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal for Business and Entrepreneur.
Statistik, B. P. (2019). Berita Resmi Statistik.
Bachtiar, N., & Amalia, R. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berwirausaha Di Kota Pekanbaru. Jurnal Kependudukan Indonesia.
Komsi, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Minat Berwirausaha. Proceeding PESAT.
Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2545
Puspitaningsih, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa STKIP PGRI Tenggalek. Dewantara.
Sukiyani, Fita . Zamroni. (2015). Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5290
Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/h0054346
Stoyanov, S. (2017). A theory of human motivation. A Theory of Human Motivation. https://doi.org/10.4324/9781912282517
Robbins, S. P., Judge, T. A., Odendaal, A., & Roodt, G. (2016). Organisational behaviour: Global and Southern African Perspectives. Organisational behaviour: Global and Southern African Perspectives.
Segal, G., Borgia, D., & Schoenfeld, J. (2005). The motivation to become an entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research. https://doi.org/10.1108/13552550510580834
Shane, S., Locke, E. A., & Collins, C. J. (2003). Entrepreneurial motivation. Human Resource Management Review. https://doi.org/10.1016/S1053-4822(03)00017-2
Setiardi, D. (2017). KELUARGA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619
Kusumaredi, L. A. (2016). Pemberdayaan Keluarga dan Keluarga Sejahtera. BKKBN.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi.
Koerner, A. F., & Fitzpatrick, M. A. (2002). Toward a theory of family communication. Communication Theory. https://doi.org/10.1111/j.1468-2885.2002.tb00260.x
Niklas, F., Cohrssen, C., & Tayler, C. (2016). Home Learning Environment and Concept Formation: A Family Intervention Study with Kindergarten Children. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0726-1
McCoy, E, Cole, J. (2011). A Research Review: The Importance of Families and the Home Environment. National LIteracy Trust.
Flammer, A. (2015). Self-Efficacy. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.25033-2
Bandura, A. (2006). Guide for constructing self-efficacy scales. Self-Efficacy Beliefs of Adolescents. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/0033-295X.84.2.191
Ariani, Y., Sitorus, R., & Gayatri, D. (2012). Motivasi dan Efikasi Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Keperawatan Indonesia.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Dharma Putri, K. A. R., & Rustika, I. M. (2018). PERAN KEMANDIRIAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS UNGGULAN SMA DWIJENDRA DENPASAR. Jurnal Psikologi Udayana. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p02
Aini, S. N., Purwana ES., D., & Saptono, A. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 22. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.2
Sugiyono. (2019). Sampling Jenuh. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
McCoy, E, Cole, J. (2011). A Research Review: The Importance of Families and the Home Environment. National LIteracy Trust.
Davis-Kean, P. E. (2005). The influence of parent education and family income on child achievement: The indirect role of parental expectations and the home environment. Journal of Family Psychology. https://doi.org/10.1037/0893-3200.19.2.294
Taylor, S. E., Lerner, J. S., Sage, R. M., Lehman, B. J., & Seeman, T. E. (2004). Early environment, emotions, responses to stress, and health. Journal of Personality. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.2004.00300.x
Segal, G., Borgia, D., & Schoenfeld, J. (2005). The motivation to become an entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research. https://doi.org/10.1108/13552550510580834
Shane, S., Locke, E. A., & Collins, C. J. (2003). Entrepreneurial motivation. Human Resource Management Review. https://doi.org/10.1016/S1053-4822(03)00017-2
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori xy Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i10.560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats