IMPLEMENTASI SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN BULELENG

Made Erni Aswini, I Nyoman Subanda

Abstract


Kemajuan teknologi membawa setiap kegiatan menggunakan kemampuan digital, tidak terkecuali pendokumentasian yang harus di arsipkan. Dengan kemampuan digital memudahkan pengguna untuk mengarsipkan semua hal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi sistem kearsipan elektronik di dinas arsip dan perpustakaan daerah kabupaten buleleng.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah arsiparis, teknisi software, dan Kepala Subbagian Arsip. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model (Miles dan Huberman) meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan uji kredibilitas, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sistem kearsipan elektronik di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng didukung dengan perangkat sistem kearsipan elektronik yaitu hardware berupa komputer, printer, dot matrix printer, scanner, UPS, dan barcode reader. Proses sistem kearsipan elektronik meliputi proses pencatatan, pengendalian, pendistribusian, penyimpanan, dan penyusutan. Sistem kearsipan elektronik di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng merupakan hasil sosialisasi Subbagian Arsip menekankan pada proses pencatatan arsip daerah meliputi persuratan, sumber bacaan dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) (2) Kendala implementasi sistem kearsipan elektronik di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng adalah SDM, fasilitas, dan dana

Keywords


Implementasi, Sistem Kearsipan Elektronik &Arsip

Full Text:

PDF

References


Agus Sugiarto dan Teguh Wahyono. (2005). Manajemen Kearsipan Modern (dari Konvensional ke Basis Komputer). Yogyakarta: Gava Media.

Badri Munir Sukoco. (2006). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.

Basir Bartos. (2007). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhan Bungin. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Davis, Gordon B. (1988). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen (Bagian I Pengantar). Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Edhy Sutanta. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eka Prihatin. (2011). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Engkoswara dan Aan Komariah. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Eti Rochaety. et al. (2006). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Farida Hanum. (2011). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwa Publisher. Hasan, S.P Malayu. (2005). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. rev. ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendi Haryadi. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajer & Staf. Jakarta: Visimedia. Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. rev.ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2003). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachmat Kriyantono. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Scott, George M. (2004). Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif: Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang-Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Tatang M. Amirin. (2000). Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_______________. (2003). Pokok-Pokok Teori Sistem. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

The Liang Gie. (2007). Administrasi Perkantoran Modern. rev.ed. Yogyakarta: Liberty.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 dalam Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 mengenai Kearsipan.

Umberto Sihombing. (2002). Menuju Pendidikan Bermakna, Melalui Pendidikan Berbasis Masyarakat, Konsep, Strategi dan Pelaksanaan. Jakarta: Multiguna.

Zulkifli Amsyah. (2003). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i8.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats