PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MEMOTIVASI SISWA DI SD NEGERI 24 CAKRANEGARA

Hj Marsuti

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak guru mengalami kesulitan dalam memotivasi siswa ketika melaksanakan proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memotivasi belajar siswa  di SD Negeri 24 Cakranegara pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan data  yang digunakan dengan observasi, evaluasi,  dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif  dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan pendekatan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memotivasi siswa, ini dapat dilihat dari hasil analisis keterlaksanaan PBM sebagai berikut; (a) Subyek I siklus I, II, berturut-turut 13 dan 20; b. Subyek II Siklus I, II  berturut-turut 12 dan 19; c. Subyek III siklus I, dan II berturut-turut 12, dan 18. Keterlaksanaan proses pembelajaran yang meliputi metode pembelajaran, Alat Pembelajaran, Pengelolaan Kelas, Kegiatan peserta didik dan evaluasi  pada subyek I  dari siklus I dan II berturut-turut dari 70 dan 87, terjadi peningkatan  dari siklus I ke siklus II 17%; Subyek II dari siklus I dan II berturut-turut dari 74 dan 86.8, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 12.8%;  Subyek III dari siklus I dan II berturut-turut dari 65 menjadi 86.5,  terjadi peningkatan dari siklus I ke silkus II 21.5%.


Keywords


Pendekatan Supervisi Kolaboratif, Motivasi.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri, 2000 a. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

_______, 2002 b. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Pidarta, Made. (1997) a. Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

_________ (1999) b. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi aksara

Pohan, W. James dan Baker, Eva L. (2000). Teknik Mengajar Secara Sistematik. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim M. (2001) a. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

_________ (2001) b. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Riyanto, Yatim. (2001) a. Landasan Pembelajaran. Surabaya : Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sahertian,A. Piet. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Usman, Moh. Uzer. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats