PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KRAKTER AGAMA PADA ANAK

Idawati Idawati

Abstract


Pengaruh keluarga amat besar dalam pembentukan pondasi kepribadian anak. pendidikan agama dalam keluarga merupakan pendidikan awal bagi anak karena pertama kalinya mereka mengenal dunia terlahir dalam lingkungan keluarga dan dididik oleh orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literartu. Hasil dari penelitian ini adalah Orang tua perlu menyadari betapa pentingnya pendidikan agama bagi setiap anggota keluarga khususnya bagi anak-anak. Pendidikan agama ayang ditanamkan sedini mungkin kepada anak-anak sangat berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan budi pekerti dan kepribadian mereka. Oleh karena itu orang tua berkewajiban untuk memberikan bimbingan dan contoh konkrit berupa suri tauladan kepada anak-anak bagaimana seseorang harus melaksanakan ajaran agama dalam keluarga, agar mereka selamat dan sejahtera. Apabila kepribadian anak itu sudah terbentuk, tidak boleh  dibiarkan, disia-siakan, apalagi dihancurkan, pribadi harus diperkuat, ditumbuhkan dan dikembangkan. Caranya dengan meningkatkan kualitas aqliyah (pemikiran) dan nafsiyah (kejiwaan) Islamiyah pada anak. Dengan cara itu kepribadian Islamiyah pada anak akan meningkat terus.Dalam mensukseskan pendidikan, keluarga berperan dalam memberikan pendampingan dan memberikan pilihan kepada anaknya untuk masalah pendidikan yang tepat sesuai dengan karakteristik dari anak. Di samping itu, penciptaan suasana yang nyaman dan aman dari keluarga kepada anaknya akan memberikan motivasi keluarga kepada anak dalam menempuh pendidikannya.


Keywords


Orang Tua, Krakter Agama & Anak

Full Text:

PDF

References


https://wimelimonica.wordpress.com/peran-keluarga-terhadap-perkembangan-karakter-anak/

http://shindy-intan.blogspot.co.id/2012/10/peranan-keluarga-dalam-pembentukan.html

http://www.slideshare.net/dianastandjung/pengaruh-pendidikan-keluarga-terhadap-kepribadian

Ahyadi, Abdul Aziz.1991. Psikologi Agama. Bandung: CV Sinar Baru. Anshari, Endang Saifudin. 1987. Ilmu Filsafat dan Agama. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Arifin. 1994. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnadib, Sutari Imam. 1989. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Andi Ofset.

Dardjat, Zakiyah. 1995. Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Masagung.

Departemen Agama RI. 1984. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Proyek Kitab Suci Al-Qur’an.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Gazalba, Sidi. 1978. Ilmu Filsafat dan Islam Tentang Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang.

Hawari, Dadang. 1998. Al-Qur’an: Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa.

Jalaluddin. 1996. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Marimba, Ahmad D. 1981. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Al-Ma’arif.

Purwanto, M. Ngalim. 1994. Ilmu pendidkan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sabiq, Sayid. 1981. Unsur-Unsur Dinamika dalam Islam. Jakarta: PT Intermasa.

Suryabrata, Sumardi. 1995. Psikologi Kepribadaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zuhairini. 1981. Methodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats