EVALUASI STRATEGI PEMASARAN PADA MINI MARKET MOR STORE KARAWANG

Dedi Mulyadi, Siti Humairoh, Sihabudin Sihabudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran pada Mini Market Mor Store Karawang dengan menggunakan metode SWOT-TOWS, IFAS-EFAS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi internal MOR Store Karawang memiliki potensi yang kuat dengan nilai 3,216 untuk bersaing, namun tidak terlalu lemah untuk memperbanyak persaingan (2,912). Kondisi ekstrnal MOR Store Karawang dengan besarnya nilai peluang adalah 2,976 dan ancaman sebesar (2). Faktor peluang perusahaan berada pada kondisi yang relatif berpeluang walaupun sangat sempit dibidangkan dengan ancaman yang datang dari luar. Melalui analisis SWOT dan Matrik T-W-O-S dapat diketahui bahwa perusahaan mendukung mnggunakan strategi agresif dan strategi strength-opportunity (SO) yaitu dengan memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dengan memaksimalkan kekuatan perusahaan. Evaluasi dari pembahasan dan analisis MOR Store Karawang hampir sudah memenuhi diterapkan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan perusahan yang efektif.


Keywords


Evaluasi, Strategi Pemasaran & Ritel.

Full Text:

PDF

References


Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muhammad, S. (2008). Manajemen Strategik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Hunger & Wheelen. 2003 Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus dan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Dasar dan Konsep. Jakarta: Bumi Aksara.

Akdon. (2011). Strategic Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler & Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasarai. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Priyanto, A. (2012). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Lembaga Pembiayaan Non Bank pada PT. Oto Multiartha Karawang. Skripsi: Universitas singaperbangsa Karawang.

Sartika, M. (2011). Analisis Strategi Diversivikasi Produk pada PT. Esa Kertas Nusantara Karawang. Skripsi: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Rachmat Saleh, 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Black Berry Pada Gallery Cell Cikampek. Skripsi: Universitas Singaperbangsa Karawang.

http://eprints.undip.ac.id/40138/1/ZULKARNAEN.pdf diunggah pada tanggal 13 januari.

http://repository.upnyk.ac.id/908/1/ANAK_AGUNG_AYU_AMBARAWATI.PDF diunggah pada tanggal 13 januari.

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/487/jbptunikompp-gdl-derrisepti-24335-2-babii_d-x.pdf diunduh pada tanggal 13 januari.

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197108082001121-DIDING_NURDIN/Bab_8_PERENCANAAN_EVALUASI.pdf diunduh pada tanggal 1 maret 2015.

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CB0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fjournal.unair.ac.id%2FfilerPDF%2Fjurnal%2520putri%2520%2520Rokhmawati.pdf&ei=RsgYVbKlJMeIuASfjYCgBQ&usg=AFQjCNGDCD2rhnvB5Z_GKCZQapGXIqXqQg&sig2=NxGwcI3zvqNqRTDCgJzcRg&bvm=bv.89381419,d.c2E Diunduh pada tanggaal 7 maret 2015.

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fdownload.portalgaruda.org%2Farticle.php%3Farticle%3D193385%26val%3D6506%26title%3DPENGARUH%2520SERVICE%2520MARKETING%2520MIX%2520%2520TERHADAP%2520KEPUASAN%2520KONSUMEN%2520HOTEL%2520AMARIS%2520SURABAYA&ei=C8oYVf_HM8m_uASUloDIDg&usg=AFQjCNFgMdl_rDdWtki-ullpjJyNpSaSqA&sig2=3hKm9LNG6f3O77GNGx04gg&bvm=bv.89381419,d.c2E diunduh pada tanggal 7 maret 2015.

http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/25751 diunduh pada tanggal 15 februari 2015.

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CB4QFjAA&url=http%3A%2F%2Feprints.undip.ac.id%2F15846%2F1%2FRosemeilia_Yeny_Artati.pdf&ei=sMsYVYmqGpDJuASlpYDIDg&usg=AFQjCNHsP0hla0sBOBR3Hf5hvfyCy_o5zw&sig2=ESHFWd8UYzLF5Ug7Nevplw&bvm=bv.89381419,d.c2E diunduh pada tanggal 8 desember 2014

http://eprints.uns.ac.id/9749/1/189002411201109461.unlocked.pdf Diunduh pada tanggal 11 Mei 2015

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/43825/3/Chapter%20II.pdf M Agustien 2015 Diunduh pada tanggal 18 Mei 2015

http://www.tabloidbintang.com/articles/wisata-kuliner/nongkrong/19959-mor-store-minimarket-asli-indonesia-dengan-5-kelebihan Diunduh pada tanggal 12 Juni 2015

http://industri.bisnis.com/read/20140427/87/222774/orang-tua-group-targetkan-50-mor-store Diunduh pada tanggal 12 Juni 2015




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i5.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats