NUTRIFIKASI PRODUK ROTI MANIS (SWEET BREAD) DENGAN PENAMBAHAN KALE ( BRASSICA OLERACEA VAR. SABELLICA)

Dendi Gusnadi

Abstract


Adonan berragi atau Yeast Product adalah produk makanan berbahan dasar dari tepung terigu, garam, air dan ragi  sebagai bahan utamanya. Produk berragi yang dikenal dengan produk yang tinggi karbohidrat dan sangat rendah kandungan seratnya, sangat dihindari oleh orang-orang yang konsen pada produk makanan sehat. Dari latar belakang diatas maka peneliti mencoba menambahkan kale sebagai nutrifikasi atau penambahan nilai gizi pada produk adonan berragi ini. Produk adonan berragi yang menjadi objek penelitian ini adalah roti manis atau sweet bread, sweet bread atau roti manis dipilih karena produk adonan berragi yang paling popular dan paling banyak dijumpai di Indonesia, selain itu sweet bread juga adalah produk roti dasar yang biasa di pelajari di dunia patisserie. Untuk penelitian ini penulis menambahkan kale sebanyak 10 %, 25 %, dan 50 % sebagai control untuk produk. Untuk hasil penelitian, dalam 100 gram produk sweet bread berbasis kale memiliki kandungan serat sebesar 3,6 gram, vitamin C 120 milligram, 1,5 milligram Zat Besi, 45 milligram magnesium dan 491 milligram kalium. Untuk kualitas produk roti manis atau sweet bread berbasis kale ini memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding roti manis biasa, serta warna hijau yang lebih dominan pengaruh dari warna kale, untuk rasa, aroma dan penampilan fisik ada dalam batas wajar dan menurut hasil penelitian roti manis dengan 50 %  kandungan kale lebih baik di bandingkan  roti manis dengan kandungan kale 10 dan 25 %.

Keywords


Nutrifikasi, Yeast Product & Kale

Full Text:

PDF

References


Astawan, M. (2004). Kandungan Serat Dan Gizi Pada Roti Ungguli Mie Dan Nasi. Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi IPB. Bogor.

Cake, U. C. ANALISIS DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PADA INOVASI PRODUK UNBAKED CHEESE CAKE BERBASIS TAHU SUTERA Oleh Dendi Gusnadi Universitas Telkom.

Gusnadi, D. (2019). ANALISIS UJI ORGANOLEPTIK TAPAI SINGKONG PADA PRODUK COOKIES SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EKSISTENSI TAPAI SINGKONG DI KOTA BANDUNG. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 73-80.

Latifah, A. F., Yulianti, E., & Khoiroh, L. M. (2019). SYNTHESIS AND CHARACTERIZATION OF ALGINATE-CARBOXYMETHIL CELLULOSE BEADS FROM CORN STALK (Zea mays) WITH CROSSLINK VARIATION C4H6O4Zn. Journal of Islamic Pharmacy, 4(1), 40-55.

Mudjajanto, S dan Yulianti, N. 2010. Membuat Aneka Roti. Penebar Swadaya: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i11.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats