PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN IPA SISWA KELAS III SDN 1 CAKRANEGARA
Sukartini Sukartini
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SDN 1 Cakranegara dengan tujuan untuk meningkatkan nilai keterampilan IPA siswa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatifTipe Group Investigationberbantuan media power point. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Cakranegara sebanyak 34 orang siswa. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 kali pertemuan. Tindakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)dengan bantuan Power Point untuk menjelaskan beberapa materi yang abstrak. Nilai keterampilan IPA siswa diperoleh pada saat proses pembelajaran pada setiap pertemuan. Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa capaian nilai keterampilan siswa pada siklus I adalah sebagai berikut; dari 34 orang siswa sebanyak 24 orang siswa (70.59%) yang memperoleh nulai ≥70, sedangkan pada siklus II sebanyak 30 orang (88.24%) mencapai nilai ≥70. Rata-rata nilai keterampilan IPA siswa siklus I 70.47 dan pada siklus II meningkat menjadi 79.44. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah 85% siswa memperoleh nilai keterampilan ≥70 dengan kategori Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media Power Point dapat meningkatkan nilai keterampilan IPA siswa kelas III SDN 1 Cakranegara.
Keywords
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Power Point, Keterampilan IPA.
Fatirul, A.N. (2008). Cooperative Learning. Tersedia pada http://209.85.141.104/search?q=cache:B4UprR1hdiAJ:trimanjuniarso.files.wordpress.com/2008/02/cooperativelearning.pdf+Pendekatan+pembelajaran+cooperative+learning&hl=id&ct=clnk&cd=25&gl+id. Diakses pada tanggal 2 Juli 2008.
Solihatin, E & Raharjo. (2007). Cooperative Learning : Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.
Suryosubroto. 1997. Proses Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto., 1991, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta
Winkel W.S., 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo
Dimyati dan Mudjiono., 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
____________________________________________ MEDIA BINA ILMIAH ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online) Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com