PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN IPA SISWA KELAS III SDN 1 CAKRANEGARA

Sukartini Sukartini

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SDN 1 Cakranegara dengan tujuan untuk meningkatkan nilai keterampilan IPA siswa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media power point. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Cakranegara sebanyak 34 orang siswa. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 kali pertemuan. Tindakan dalam penelitian  ini adalah menggunakan model  pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan bantuan Power Point untuk menjelaskan beberapa materi yang abstrak. Nilai keterampilan IPA siswa diperoleh pada saat proses pembelajaran pada setiap pertemuan. Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa capaian nilai keterampilan siswa pada siklus I adalah sebagai berikut; dari 34 orang siswa sebanyak 24 orang siswa (70.59%) yang memperoleh nulai ≥70, sedangkan pada siklus II sebanyak  30 orang (88.24%) mencapai nilai ≥70. Rata-rata nilai keterampilan IPA siswa siklus I 70.47 dan pada siklus II meningkat menjadi 79.44. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah 85% siswa memperoleh nilai keterampilan ≥70 dengan kategori Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media Power Point dapat meningkatkan nilai keterampilan IPA siswa kelas III SDN 1 Cakranegara.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Power Point, Keterampilan IPA.

Full Text:

PDF

References


Fatirul, A.N. (2008). Cooperative Learning. Tersedia pada http://209.85.141.104/search?q=cache:B4UprR1hdiAJ:trimanjuniarso.files.wordpress.com/2008/02/cooperativelearning.pdf+Pendekatan+pembelajaran+cooperative+learning&hl=id&ct=clnk&cd=25&gl+id. Diakses pada tanggal 2 Juli 2008.

Solihatin, E & Raharjo. (2007). Cooperative Learning : Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Suryosubroto. 1997. Proses Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto., 1991, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta

Winkel W.S., 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo

Dimyati dan Mudjiono., 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats