KOMUNIKASI PUBLIK MENTERI KESEHATAN TERAWAN

Indah Laksmiwati, Lukki Lukitawati

Abstract


Pada saat krisis seperti pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, risk communication harus dilakukan dengan pendekatan yang tepat. Humor yang sering dilontarkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr. Terawan Agus Putranto menuai sentimen negatif lantaran dianggap mengerdilkan resiko pandemi Covid-19 dan mendukung penjelasan non saintifik dalam menyampaikan resikonya. Penelitian ini mengkaji humor dalam komunikasi publik yang dilakukan oleh Menteri Kesehatan di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif untuk mengkaji pernyataan Menkes Terawan yang disampaikan melalui wawancara media. Unit analisis penelitian ini adalah video pernyataan-pernyataan Menkes Terawan yang dikutip dari tayangan berita dari berbagai media. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa humor dalam pernyataan Menkes Terawan memunculkan polemik dan sebagai pejabat publik pendekatan komunikasi yang dilakukan Menkes Terawan tidak mempertimbangkan etika publik.


Keywords


Humor, Komunikasi Publik, Etika Komunikasi & Risk Communication

Full Text:

PDF

References


https://www.cnbcindonesia. com/news/20200223172609-4-139904/kunjungi-indonesia-selama-5-hari-pria-jepang-positif-corona Diakses pada 10 Mei 2020.

https://fokus.tempo.co/read/ 1314294/wabah-virus-corona-dan-cara-indonesia-menjawab-keraguan-dunia Diakses pada 10 Mei 2020

Djalante, R., et. al. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6, 100091. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

https://www.cnbcindonesia. com/news/20200218090858-4-138588/terawan-doa-yang-diyakini-bikin-ri-tak-terjangkit-corona 18 Februari 2020 09:14.

Diakses pada 10 Mei 2020

https://health.detik.com/berita -detikhealth/d-4902502/tak-takut-dicibir-menkes-tegaskan-lagi-soal-doa-bantu-tangkal-corona

Diakses pada 19 Mei 2020

https://www.cnbcindonesia. com/news/20200510001200-4-157362/anies-ungkap-frustasinya-pada-menteri-terawan-ke-media-asing Diakses pada 26 Mei 2020.

https://news.detik.com/berita/d- 4991760/indef-luhut-yasonna-terawan-dapat-sentimen-negatif-tertinggi-soal-corona/2 Diakses pada 26 Mei 2020

Alisky, Marvin, 1990, White House Wit: Presidential Humor to Sustain Policies, from Lincoln to Reagan. Presidential Studies Quarterly 20: 373–81.

Mulyana, Deddy, 2008, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Rosdakarya

Thomas Abraham, 2011, Lessons from the pandemic: the need for new tools for risk and outbreak communication, Emerging Health Threats Journal, 4:1, DOI: 10.3402/ehtj.v4i0.7160

Crawford, C. B., 1994, Strategic Humor in Leadership: Practical Syggestion for Appropiate Use, Kansas Leadership Forum, Salina, KS

Reece Brandy ,2014, Putting The Ha! in Aha!: Humor as aTool for Effective Communication, http://repository.upenn.edu/mapp_capstone

Mufid Muhamad, 2015. Etika dan Filsafat Komunikasi. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan, Kencana, Jakarta

Lewis Carol W., Gilman Stuart C, 2005. The Ethics Challenge in Public Service – A Problem Solving Guide. Second Edition. Jossey-Bass, San Francisco

https://youtu.be/ftGZjmf4c1Y Kompas TV, 17 Februari 2020, “Menkes: Negara lain Protes, Biarin Aja.” diakses pada 30 Mei 2020

https://www.youtube.com/ watch?v=KJHKYHPFfwY

Kompas Reporter On Location, 15 Februari 2020, “Harga Masker Tinngi, Menkes: Salahmu Sendiri Kok Beli.” diakses pada 30 Mei 2020

Kumparan. 20 Februari 2020. Canda Terawan soal Ikut Evakuasi WNI di Diamond Princess: Kademen diakses pada 30 Mei 2020

Menteri Kesehatan Terawan: Corona akan Sembuh Sendiri. https://www.youtube.com /watch?v=9s97PyvKgIg diakses pada 30 Mei 2020

Martin, R. A, 2007, The psychology of humor: an integrative approach. Burlington: Elsevier Academic Press.

Romero, Eric J., and Kevin W. Cruthirds, 2006, The Use of Humor in the Workplace." Academy of Management Perspectives 20.2 (2006): 58-69. Business Source Premier. Web. 20 February. 2013.

Berk, R, 2009, Derogatory and cynical humour in clinical teaching and the workplace: the need for professionalism. Medical Education, 43(1), 7–9. doi:10.1111/j.1365-2923.2008.03239.x

Lynch, Owen H, 2013, Humorous Communication: Finding a Place for Humor in Communication Research. Communication Theory 12.4 (2002): 423-45. PsycINFO. Web. 12 Feb. 2013

Veatch, Thomas C. 2013, A Theory of Humor, Humor: International Journal of Humor Research 11.2 (1998): 161-215. PsycINFO. Web. 1 Apr. 2013

https://finance.detik.com/ berita-ekonomi-bisnis/d-4974136/ hadapi-wabah-corona-di-ri-komunikasi-jokowi-terawan-belepotan diakses pada 30 Mei 2020

https://www.suara.com/news/ 2020/03/03/105545/kritik-buruknya-komunikasi-menkes-terawan-gus-nadir-pakai-jubir-saja. diakses pada 30 Mei 2020

https://www.sonora.id/read/ 422059300/sentil-terawan-fadli-zon- diakses pada 30 Mei 2020

https://indonesia.go.id/ layanan/kependudukan/ekonomi/protokol-komunikasi-publik. diakses pada 30 Mei 2020

https://news.detik.com/ kolom/d-3878382/etika-komunikasi-pejabat-publik. diakses pada 30 Mei 2020

Dwihantoro Prihatin, 2013, Etika dan Kejujuran Dalam Berpolitik. Politika, Vol. 4, No. 2, Oktober 2013




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats