UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER POSITIF GURU-GURU SDN 4 KURANJI MELALUI PEMBINAAN BERKELANJUTAN

Jafar Abdullah

Abstract


Abstrak

Visi dari SDN 4 kuranji adalah berprestasi berdasarkan iman dan takqa yang berakar pada budaya bangsa. Untuk mencapai visi tersebut di perlukan misi diantaranya


menumbuhkan semangat untuk berprestasi kepada seluruh warga sekolah, serta mengembangkan etika moral dengan menanamkan etika moral yang berkesinambungan. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan guru yang memiliki karakter khususnya karakter disiplin dan religius. Kenyataanya karakter guru-guru SDN 4 Kuranji dalam hali ini karakter disiplin dan karakter religius masih rendah. Diperlukan pembinaan berkelanjutan untuk menumbuhkan karakter disiplin religius tersebut. Untuk membuktikan apakah pembinaan berkelanjutan dapat meningkatkan karakter disiplin dan religius guru-guru, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan sekolah. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah” Apakah dengan menggunakan Pembinaan Berkelanjutan Dapat Meningkatkan Karakter Guru-guru SDN 4 Kuranji?. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75 % karakter disiplen guru dan religius guru. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Antara siklus yang satuu dengan siklus lainnya dilakukan secara berkesinambungan. Dari hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa n karakter disiplin guru 56,9% sedangkan karakter religius 75,1% dengan ketercapai karakter 56,69%. Pada siklus II karakter disiplin guru mencapai 73,5%, sedangkan karakter relegius guru 81,8 % dengan rata-rata ketercapaian 77,65%. Pada siklus III karakter didiplin guru mencapai 87,6%, sedangkan karakter religius guru 90,1 dengan rata-rata ketercapaian 88,4%. Karena rata-rata dari hasil pemantauan karakter guru pada siklus II telah mencapai indikator yang telah ditetapkan, maka penelitian ini dihentikan.


Keywords


Karakter, Pembinaan Berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, J: 2009 . Penerapan Permainan Domino Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI A pada Mata Pelajaran IPA di SDN 8 Cakranegara Tahun Pelajaran 2009/2010 (PTK)

Akbar, S., dkk. 2011. Grand Design Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Menyeluruh. Jakarta: Direktorat Pembinaan SD

Anas, Z. 2011. Makalah Semiloka Nasional Pasca Sarjana UNNES Semarang. Jakarta: Depdikbud

Budiman A., dkk. 2010. Kajian dan Pedoman Penguatan Karakter (PPK). Jakarta: Depdikbud

Siswanto, W., dkk. 2011. Panduan Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial di SD. Jakarta: Depdikbud

Tim Direktorat Pembinaan SD. 2011. Panduan Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui PAKEM di SD. Jakarta: Kemdikbud.

Tim KBBI. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan Ke Tiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Depdikbud. 2010. Kumpulan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats