PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD

Indah Surya Putri, Darnis Arief, Desty Ayu Anastasha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang. Siswa kelas IV SD berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara pada pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkuangan. Berdasarkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 62% dengan kategori cukup. Aktivitas belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 85% dengan kategori baik. Persentase kemampuan berbicara siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata 57,5% dengan kategori cukup, serta adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa pada siklus 2 sebesar 83% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan pembelajaran tematik terpadu berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD.


Keywords


Lingkungan, Aktivitas Belajar & Kemampuan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., Nugroho, & Siskandar, 2014, Evaluasi Ppembelajaran Tematik Dilihat dari Hasil Belajar Siswa, Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 1(ISSN 2252-6447).

Agusrita, Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R, 2020, Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Anna Astiningtyas, Wardani, N. S., & Prasetyo, T. 2019, Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui PS-MTTW dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD, Jurnal Basicedu, 3(2580-3735 2580-1147), 33–42. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13872

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi, 2019, Penelitian Tindakan Kelas, In Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Darsiana, 2018, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SD Negeri 157 Pekanbaru, Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2((ISSN Cetak 2580-8435 | ISSN Online : 2614-1337)), 202–207.

Desmarita Khairoes, & Taufina, 2019, Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Hayati, 2018, Penerapan Metode Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Materi Bentuk dan Sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri12 Jerora Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4.

Kusumaningrum, Y. P., & Hardjono, N, 2018, Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik, PD: Jurnal Pendidikan Dasar, ((P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801)), 1–10.

Majid, A, 2014, Implementasi Kurikulum 2013, In Bandung : Interes.

Mulyani, T., Mawardi, & Widi, K, 2019, Komparasi Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Daerah Tempat Tinggal Sekitar Dengan Berbasis Kemendikbud Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Kelas 4, Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 49–56.

Neka, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W, 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang, E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–11.

Paembonan, P., 2019, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Problem Posing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rantepao, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 105–113.

Putra, A. W., 2016, Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN WONOSARI 4, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 874–883.

Rumidani, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Tika, I. N., 2014, Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Calistung Siswa Sekolah Dasar, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4.

Rusman, 2010, Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, In Jakarta : Raja Grafindi Persada.

Suarmika, P. E., & Faliyandra, F., 2016, Model Kooperatif GI Berbasis Outdoor Study Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA SD, JP, 1(2), 20–24. Retrieved from https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.261

Suarsih, C., 2018, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menerapkan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Bahas dan Sastra Indonesia, Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(2598-5930 2615-4803).

Sudiarty, N., 2017, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Telepon Dengan Metode Bermain Peran Siswa Kelas IV SDN Tontouan Luwuk Banggai, Jurnal Kreatif Tadulako, 5(2354-614X), 131–140.

Sudjana, N., 2008, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, In Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Suryani, K., 2018, Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD No.8 Bungkulan, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2).

Suwarjo, & Rahmawaty, S., 2016, Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa SD Negeri 58 Kota Bima, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9, 83–99.

Taufina, 2012, Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Film Strip di Kelas II SD Percobaan Kota Padang, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan PEDAGOGI, XII(1), 25–35.

Tazminar, 2015, Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples, Jupendas, 2(1), 45–57.

Yani, A., 2014, Mindset Kurikulum 2013, In Bandung : Alfabeta.

Zahroul, C., & Windy, F., 2014, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi, Jurnal Pedagogi, 1, 1.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i10.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats