PERUBAHAN PARADIGMA PENDIDIKAN DAN EKONOMI DIMASA PANDEMI COVID-19

Baiq Salkiah

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, terutama bagi generasi penerus bangsa, pendidikan memiliki kaitan yang kuat terhadap pengetahuan. Pengetahuan merupakan jalur alternatif yang sangat dibutuhkan orang banyak, karena tanpa pengetahuan, kehidupan seperti gelap gulita.  Begitu juga dengan ekonomi, pendidikan tanpa ekonomi yang kuat juga tidak bisa berjalan dengan baik, karena ekonomi sangat menopang pendidikan. Dengan adanya kondisi dunia saat ini  yang sedang mengalami Global Pandemic Corona Virus Disiase-19 (Covid-19) sebagaimana dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) pada 11 Maret 2020.  Pandemi Covid-19 telah melanda setidaknya 214 negara termasuk Indonesia dan memaksa lebih dari setengah umat manusia mengunci diri di dalam rumah. Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada meningkatnya jumlah korban jiwa, tetapi juga meluas berimplikasi kepada kondisi sosial ekonomi. Disamping itu juga pandemic covid-19 ini sangat berdampak pada dunia pendidikan. Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis   paradigma pendidikan dan ekonomi pada masa pandemi Covid-19. Serta  cara mengatasi masalah ekonomi dan pendidikan dimasa pandemic covid-19. Metode yang digunakan adalah metode   kualitatif deskriptif, dimana data-data yang diperoleh dilapangan akan dianalisis dengan mengungkap tren dalam pemikiran dan pendapat untuk mendapatkan data yang lebih mendalam dari tinjauan literature juga  dengan melakukan wawancara. Hasil kajian  ini diperoleh Disrupsi Covid-19 secara tidak langsung telah merubah paradigma pendidikan. Pandemi ini telah benar-benar mengganggu sistem pendidikan dan mengakibatkan pendidikan kehilangan relevansinya. Sekolah yang semula berfokus pada keterampilan akademik tradisional secara mendadak tiba-tiba harus pindah ke pembelajaran online yang lebih condong memberikan peluang kemampuan pemikiran kritis dan kemampuan beradaptasi. Sedangkan paradigma  secara ekonomi, ketika semakin banyak pekerja yang terinfeksi maka semakin banyak pula biaya  biaya produksi yang ditanggung oleh negara.  Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar tetap berjalan di tengah krisis ekonomi akibat wabah covid -19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan stimulus yang terangkum ke dalam 3 stimulus yaitu stimulus fiskal, non fiskal dan sektor ekonomi


Keywords


Perubahan Paradigma, Pendidikan, Ekonomi & Covid-19

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifudin,2010, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka pelajar

Dani, Vardiansyah, 2008,Hal 27. Filsafat ilmu komunikasi, Suatu pengantar. Jakarta: Indeks

Dody S.truna,2013. Paradiga pendidikan berkualitas. Jakarta: Pustaka setia

Kompasiana.com/ariedmb13/dilema perubahan paradigma pendidikan pada masa disrupsi Covid-19

Muhamin,2020, Paradigma pendidikan Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya

Purnomo,P, 1996, Strategi pengajaran. (http://www.sabda.org/pepak/pustaka/030214.htm)

Robert, M. Solow,1998. Growth theory an Exposition, new York : Oxford University Press.inc

https://mediaindonesia.com/read/detail/314164-paradigma-berdamai-dengan-covid-19




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i1.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats