KONTRASTIVITAS PROSES PEMAJEMUKAN KATA BENDA PADA BAHASA JEPANG DAN BAHASA BUGIS

Harisal Harisal, Kanah Kanah, Wahyuning Dyah, Solihin Solihin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pemajemukan kata benda dalam bahasa Jepang dan bahasa Bugis, serta menuliskan kaidah pemajemukannya dengan menggunakan analisis kontrastif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bahasa Jepang, nomina dapat berupa morfem bebas dan dapat pula berupa morfem terikat, jika terjadi perubahan bunyi alomorf dan jika terdiri dari dua morfem terikat. Dilain pihak, dalam bahasa Bugis, nomina merupakan morfem bebas yang dapat berubah menjadi morfem terikat jika mengalami afiksasi; Proses pemajemukan verba dalam bahasa Jepang jika berada pada posisi depan akan mengalami perubahan dan berindikasi menjadi nomina, sedangkan saat berada pada posisi akhir, dapat menjadi dua perubahan dengan ketentuan yang berlaku, yaitu jika mengalami perubahan dapat berindikasi menjadi kata benda, dan jika tidak mengalami perubahan, maka tetap menjadi kata kerja. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk nomina. Dilain pihak, dalam bahasa Bugis, verba dapat berubah menjadi nomina jika terjadi afiksasi, begitupun sebaliknya; Dalam proses pemajemukan kata sifat bahasa Jepang, morfem dapat mengalami bunyi alomorf jika berada pada posisi belakang, dan dapat meleburkan ekor jika berada pada posisi depan. Dilain pihak, dalam bahasa Bugis, kata sifat berupa morfem bebas dan dapat berubah menjadi morfem terikat jika mengalami afiksasi.

Keywords


Proses Pemajemukan, Pemajemukan Bahasa Jepang & Pemajemukan Bahasa Bugis

Full Text:

PDF

References


Nur, Muhammad Rafiuddin, 2008. Aku Bangga Berbahasa Bugis: Bahasa Bugis dari “ka” sampai “ha”.Rumah Ide, Makassar.

Sutedi, Dedi, 2011. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang, Humaniora, Bandung.

Rianti, Friska Nindi, 2017. Proses Pembentukan Kata Majemuk dari Kanji 目 (me;moku), Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang.

Arista, Ni Wayan Desi, dkk, 2017. Kontrastivitas Kata Majemuk Bahasa Jepang dan Bahasa Bali. Jurnal Humanis, Fakultas Ilmu Budaya Unud, 21 (1), 11-17.

Koizumi, Tamotsu, 1993. Gengogku Nyuumon,Taishuukan Shoten, Tokyo.

Darwis, Muhammad, 2012. Morfologi Bahasa Indonesia, Meninta, Makassar.

Bungin, Burhan, 2003, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i1.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats