PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERTANYA DAN KETUNTASANnBELAJAR SISWA KELAS VIII B SEMESTER II SMP NEGERI 4 NARMADA PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Musnah Musnah

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa proses belajar mengajar yang berlangsung di SMP Negeri 4 Narmada masih kurang bervariasi yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi, sehingga dalam proses pembelajaran motivasi bertanya menjadi rendah yang mengakibatkan rendahnya tingkat pemahaman dan ketuntasan belajar siswa dalam pelajaran matematika yaitu pada materi pokok kubus dan balok. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan metode pembelajaran Discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi bertanya dan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan penerapan metode Discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Semester II SMP Negeri 4 Narmada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Kegiatan penelitian ini menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar obsevasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data aktivitas bertanya siswa pada siklus I sebanyak 9 orang siswa pada kategori sedang sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 15 orang siswa pada kategori tinggi. Kemudian didapatkan hasil evaluasi pada siklus I adalah 9 orang siswa yang belum tuntas dari 38 orang siswa jumlah keseluruhan peserta didik, adapun presentase ketuntasan belajar klasikal yang dicapai 76,32%, hasil evaluasi siklus II adalah 4 orang siswa yang dinyatakan belum tuntas dari 38 jumlah keseluruhan peserta didik, adapun presentase ketuntasan belajar klasikal yang dicapai 89,47%, jadi hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan metode Discovery learning dapat meningkatkan motivasi bertanya dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII B Semester II SMP Negeri 4 Narmada pada materi pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords


Discovery learning, Motivasi Bertanya & Ketuntasan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2010. Matreri Pelatihan Terintegrasi Sains. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsemi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, dan Zain. 2010. Starategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Uno B, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara.

Dahar, R. 1998. Teori-teori Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Ibrahim, M. dan Nur, M. 2001. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa Press.

Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Biru Algresindo.

Nurkancana dan Sumartana, 1990. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Unesa Press.

Roestiah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Purwanto. 2009. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

http://www.pdfchaser:2010.com. Diakses pada Hari Jumat Tanggal 1 Maret 2018.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats