MEMAKSIMALKAN PERAN TUTOR SEBAYA MELALUI METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS IV SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI 5 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Herman Iskandar

Abstract


Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan pendidikan yang diupayakan untuk mendorong pertumbuhan fisik, psikis, keterampilan-keterampilan jasmani dan keterampilan-keterampilan motorik yang lain termasuk pula pertumbuhan mental yang baik, sikap yang sesuai harapan, emosional, sportivitas serta kebugaran tubuh.Pendidikan ini memerlukan penalaran yang cukup bagi para siswa untuk mengembangkan semua aktivitas gerak yang masih terpendam untuk bisa dimaksimalkan. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan seperti berikut: Bagaimana memaksimalkan peran tutor sebaya melalui metode discovery untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan siswa kelas IV semester II Sekolah Dasar Negeri 5 Peresak  tahun pelajaran 2018-2019?. Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan,menggunakan tutor sebaya dan metode pembelajran  discovery. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis diskriptif. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal terus mengalami peningkatan mulai dari prasiklus 35,29% meningkat pada siklus I menjadi 63,33% serta peningkatan signifikan terjadi pada siklus II yaitu sebesar 90,00%. Paparan di atas membuktikan bahwa peran tutor sebaya melalui metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan siswa kelas IV semester II Sekolah Dasar Negeri 5 Peresak  tahun pelajaran 2018-2019. 


Keywords


Tutor Sebaya, Metode Discovery & Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Azizah, Rizka. 2010. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika.Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung: Sinar Baru.

Maksum, Ahmad, 2006. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Sejarah dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI SD Negeri1 Sukamulia, Lombok Timur, NTB. Tesis. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. Program Pascasarjana.

Putrayasa, Ida Bagus. 2005. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tematik dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, dan Logikalitas. (Tesis). Singaraja. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet, PH. 2004. MBS, Life Skill, KBK, CTL dan Saling Keterkaitannya. Makalah yang Disampaikan pada Semiloka DBEP di NTB dan Bali.

Sabaruddin, 2009.Skripsi.Peranan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Inpres Karawa Kab.Pinrang Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats