MENINGKATKAN HASIL AKREDITASI DI SDN 4 SURANADI MELALUI PEMBINAAN KOLABORATIF TAHUN 2016/2017

I Gusti Lanang Sukarta

Abstract


Akreditasi sekolah bagi upaya peningkatan mutu dan layanan serta penjaminan mutu sebuah satuan pendidikan. Dalam kenyataan di lapangan bahwa akreditasi di SDN 4 Suranadi   dilaksanakan pada tahun 2007 dengan nilai “B”.  Hasil ini menunjukan   bahwa kinerja sekolah tidak ada peningkatan ketika dilakukan kegiatan akreditasi dan seluruh perangkat administrasi belum memenuhi instrument yang ada, hasil akreditasi belum memperoleh pengakuan sebagai sekolah yang berhak mengadakan ujian sekolah. Hal inilah yang menjadi keprihatinan, bagi seluruh warga SDN 4 Suranadi   untuk membenahi dampak akreditasi sekolah dalam peningkatan kinerja sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pembinaan kolaboratif dapat meningkatkan hasil akreditasi di SDN 4 Suranadi  Tahun 2016/2017?; 2) Bagaimana hasil  pembinaan  kolaboratif   kepala sekolah    kepada semua guru agar hasil akreditasi di SDN 4 Suranadi   meningkatkan Tahun 2016/2017. Tujuan yang ingin  dicapai  adalah  sebagai berikut. 1)Menjelaskan  pembinaan kolaboratif dapat meningkatkan hasil akreditasi di SDN 4 Suranadi  Tahun 2016/2017; 2)  Menjelaskan cara kepala sekolah  menerapkan pembinaan  kolaboratif   kepada semua guru agar hasil akreditasi di SDN 4 Suranadi  Tahun 2016/2017. Penelitian tindakan sekolah ini akan dilaksanakan dalam dua siklus di mana kegiatan setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data di atas penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut : Cara pembinaan secara kolaboratif  yaitu dengan mendengarkan, mempresentasikan, memecahkan masalah dan negoisasi, karena antara kepala sekolah  dan guru sama-sama memiliki tanggung jawab dan Dengan pembinaan kolaboratif semua guru dapat meningkatkan hasil akreditasi di SDN 4 Suranadi . Demikian juga  hasil penelitian ini diperoleh adanya peningkatan kinerja guru-guru dan pembinaan kolaboratif kepala sekolah kepada semua guru dapat meningkatkan hasil akreditasidi SDN 4 Suranadi


Keywords


Akreditasi & Pembinaan Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Andhini, Pramitha. 2010. https://wordpress.com/2010/05/24/akreditasi-sekolah-atau-madrasah

As’aril Muhajir. 2001, Diktat Ilmu Jiwa Belajar (Bahasa), Tulungagung: STAIN,

Binti Maunah, Diklat Supervisi Pendidikan Islam (Teori dan Praktik), (Tulungagung: STAIN, 2008)

Badan Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Habibi, 2012, Dampak Akreditasi Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Sekolah. Tesis. Semarang. IKIP PGRI

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 29 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M)

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats