EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PROFESI PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA (STP) MATARAM PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA USAHA PERJALANAN WISATA (UPW)

primus gadu, i ketut bagiastra

Abstract


Berbagai pendekatan pemerolehan atau pembelajaran bahasa Inggris muncul dengan ragam permasalahan dan tujuan yang berbeda yang tentunya disesuaikan dengan kedudukan bahasa yang diperoleh pada suatu komunintas. Pemerolehan dan pembinaan bahasa Inggris, khususnya di Indonesia yang menempatkannya sebagai bahasa asing, pendekatannya sering diubah seiring dengan perubahan kurikulum  yang menjadi standar kompetensi nasional. Namun demikian hal tersebut belum menunjukkan keberhasilan yang signifikan sebab masih banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang menempuh pendidikan baik formal maupun nonformal belum mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Di era kompetisi global ketenagakerjaan  sektor pariwisata  sekarang ini peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata  yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja merupakan suatu keharusan. Adanya tuntutan dunia kerja dimana tenaga kerja tidak hanya membutuhkan orang-orang pintar (clever), namun yang lebih penting adalah orang cendikia (smart,hospitable, inovative, sensitive, creative and productive). Penelitian tentang  efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram Program Studi Diploma Tiga UPW urgen dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian proses pembelajaran ditinjau dari (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik;  (2) aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran baik; (3) hasil belajar mahasiswa tuntas secara individu dan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris Profesi dikategorikan dalam pembelajaran efektif karena kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran baik, aktivitas mahasiswa selama pembelajaran adalah sangat aktif, dan mahasiswa yang tuntas belajar sebanyak 28 mahasiswa atau sebesar 84,80% sehingga ketuntasan belajar mahasiswa telah tercapai

Keywords


Persepsi, bahasa Inggris Hospitality, Proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Dashwood, A. 2005. “Alternatives to Questioning: Teacher Role in Classroom Discussion” Volume 7: ASIAN Journal.

Harsono, B. 2006. The Introduction to The Newest International System. Jakarta: Oxford Course Indonesia.

http://tian99win.blogspot.co.id/2012/08/faktor-faktor-penunjang-keefektifan.html.downloaded, 21 February 2017:13.00)

Satria Anpan Sejati.2013.Belajar dan Pembelajaran tahun akademik 2013/2014.STKIP PGRI Pacitan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Sirin Nunn. R. 2005. “Competence and Teaching English as An International Language” Volume 7: ASIAN EFL Journal.

Susilo Agus Farid. Peningkatan Efektivitas proses Pembelajaran Universitas Negeri. Surabaya

Wicaksono, Agung, 2009. Efektivitas Pembelajaran. (http://Agungprudent.wordpress.com




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i6.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats