SIGNIFIKANSI PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) DANMODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN AJARAN 2015/2016

Ida Bagus Ketut Perdata, I Gusti Ngurah Nila Putra

Abstract


Menyadari bahwa secara teori pembelajaran model kooperatif tipe think pair share (TPS) mempunyai keunggulan pada proses mental dibandingkan dengan model ekspositori maka penelitian dengan judul seperti tersebut di atas tertarik untuk dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan “posttest-only control design”bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika melalui model koopertif  tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik secara signifikan dari pada prestasi belajar matematika darimodel ekspositori. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukawati tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 335 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah 72 siswa (terdiri dari duakelas yaitu Siswa Kelas VIIIA dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen; yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa Kelas VIIIF dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol; yang diajar dengan pembelajaran model  ekspositori).Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalahprestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran Faktorisasi Suku Aljabar denganmenggunakan teknik tes dalam bentuk tes objektif sebanyak 40 soal. Tes ini sudah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.Dari analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar matematika dari model koopertif tipe TPS adalah 73,19 dan dari model ekspositori adalah 68,82.Karena data sampel tidak berdistribusi normal maka uji hipotesis  dianalisis dengan statistik non parametrik Mann-Whitney Testdan dilajutkan dengan uji skor Zsatu sisi, dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji skor Z diperoleh Zhit = 2,46, sedangklan Ztabel= 1,65. Hal ini menunjukkan bahwa Zhit>Ztab. Jadi prestasi belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran model kooperatif tipe think pair share (TPS) lebih baik secara signifikan dari prestasi belajar matematika yang diajar dengan  Pembelajaran model ekspositori pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukawati tahun pelajaran 2015/2016.

Keywords


Perbedaan, Think-pair-share (TPS), Prestasi Belajar, penelitian eksperimen.

Full Text:

PDF

References


Chotimah, Husnul & Dwitasari, Yuyun. 2009. Strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Spiegel, Murray R dan Stephens, Larry J.2007. Statistik (edisi ketiga). Jakarta: Erlangga.

Suandhi, I Wayan. 2012. Metodologi Penelitian. Bahan Perkuliahan (tidak diterbitkan). Denpasar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugyono. 2010. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta

_______. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learnig Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats