HUBUNGAN ANTARA HASIL PENILAIAN SOFT SKILLS DENGAN NILAI UJIAN KOMPREHENSIF PESERTA PELATIHAN KOMPETENSI TIM KESEHATAN HAJI INDONESIA (TKHI) EMBARKASI LOP TAHUN 2018
Abstract
Penekanan tujuan pembelajaran pada kurikulum pelatihan TKHI tahun 2018, diarahkan pada penerapan soft skills. Soft skills terkait dengan perbaikan pemikiran, sikap, dan mental. Sebagai langkah awal, nilai-nilai soft skills tersebut di atas diterapkan selama pelatihan kompetensi TKHI dan merupakan salah satu unsur penilaian selain penilaian komprehensif. Soft skills yang menjadi unsur penilaian pada pelatihan kompetensi TKHI adalah etika dan komunikasi. Selain penilaian soft skills, peserta juga wajib mengikuti ujian komprehensif yaitu ujian secara tertulis mengenai semua materi yang diajarkan selama pelatihan. Ujian komprehensif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta terhadap semua materi yang telah diajarkan selama pelatihan berlangsung. Berdasarkan uraian di atas perlu dilakukan studi tentang hubungan antara penilaian soft skills dengan nilai ujian komprehensif peserta pelatihan kompetensi TKHI embarkasi LOP tahun 2018. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara hasil penilaian soft skills dengan nilai ujian komprehensif peserta
pelatihan kompetensi TKHI embarkasi LOP tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang datanya merupakan data kuantitatif sehingga analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif (inferensi). Variabel independen dalam penelitian ini adalah hasil penilaian soft skills (komunikasi dan etika). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai ujian komprehensif. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta pelatihan kompetensi TKHI embarkasi LOP tahun 2018 berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Karena sampel penelitian adalah total populasi, maka penelitian ini disebut juga penelitian populasi. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan regresi linier. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan regresi linier terhadap variabel independen dan dependen, dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: Jika melihat nilai adjusted R square maka variabel komunikasi dan etika mempengaruhi nilai ujian komprehensif peserta pelatihan kompetensi TKHI embarkasi LOP tahun 2018 sebesar 50,1% dan selebihnya (49,9%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Jika dianalisis lebih dalam lagi dengan menggunakan Anova (Analysis of Varian) diperoleh nilai sig. < 0,05 dan nilai F-tabel < F-hitung menunjukkan bahwa variabel komunikasi dan etika secara bersama-sama mempengaruhi nilai ujian komprehensif peserta pelatihan kompetensi TKHI embarkasi LOP tahun 2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis: Jakarta, PT Rinneka Cipta, 2006
Bhisma Murti, Desain dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2006
Indonesia, Kementerian Kesehatan, Bahan Bacaan Peserta Pelatihan Tim Kesehatan Haji Indonesia, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 2015
Indonesia, Kementerian Kesehatan, Petunjuk Teknik Pelatihan Tim Kesehatan Haji Indonesia, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 2015
Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package for the Social Sciences), Pusat Data dan Statistik Pendidikan, Jakarta, 2014
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, CV. Alfabeta, 2011.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats