POLA KOMUNIKASI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH RAMAH ANAK

Hindina Maulida, R. Yogie Prawira W

Abstract


Karakter mengendalikan pikiran dan perilaku individu. Sekolah memiliki andil yang cukup besar dalam membentuk karakter individu Pembentukan karakter juga dipengaruhi oleh kata-kata yang biasa di dengar dan diucapkan. Karakter tercermin dalam cara berkomunikasi temasuk bagaimana pola komunikasi siswa di sekolah ditentukan oleh karakter yang ditanamkan, budaya sekolah serta interaksi dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi siswa di lingkungan sekolah ramah anak. Metode penelitian adalah kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan warga sekolah ramah anak dan observasi di lingkungan sekolah ramah anak di Kota Magelang serta dilengkapi dengan studi dokumentasi yang mendukung. Data yang telah terkumpul kemudian dipilah dan direduksi, dilanjutkan dengan melakukan display data, dan terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) pola komunikasi siswa terhadap guru dan siswa dengan sesame temannya memiliki beberapa perbedaan karena menyangkut dimensi is dan hubungan diantara keduanya; 2) pola komunikasi siswa terhadap guru berbentuk primer dengan menggunakan komunikasi verbal dan non-verbal; 3) sedangkan antara siswa dengan sesama temannya selain pola komunikasi primer juga ditemukan pola komunikasi sekunder dimana siswa berinteraksi pula dengan menggunakan media yang memanfaatkan teknologi komunikasi seperti Whatsapp, instagram dan media sosial lainnya; 4) pola komunikasi dengan guru bersifat positif, sedangkan dengan sesama teman ada yang positif dan ada yang negatif; 5)rasa nyaman dan keterbukaan menjadikan pola komunikasi siswa dengan sesama teman lebih terbuka disbanding dengan guru yang cenderung tertutup karena terdapat rasa takut, segan dan tidak ada rasa percaya.


Keywords


Pola Komunikasi, Sekolah Ramah Anak, Pembentukan Karakter & Budaya Sekolah

Full Text:

PDF

References


Adro, F. do, & Franco, M. (2020). Rural and agri-entrepreneurial networks: A qualitative case study. Land Use Policy, 99, 105117. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2020.105117

Ardianto. (2016). Pengaruh Komunikasi Positif dalam Keluarga dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Perilaku Asertif Siswa. Journal of Islamic Education Policy , 1(2), 82–98. https://www.researchgate.net/publication/316789765_Pengaruh_Komunikasi_Positif_dalam_Keluarga_dan_Komunikasi_Interpersonal_Guru_terhadap_Perilaku_Asertif_Siswa

Arkadyevna, L. O. (2014). POSITIVE COMMUNICATION: DEFINITION AND CONSTITUENT FEATURES. Вестн. Волгогр. Гос. Ун-Та, 5(24). https://doi.org/10.15688/jvolsu2.2014.5.16

Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak âMelatiâ Bengkulu. Jurnal Pekommas, 18(3). https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180307

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. https://sekolahramahanak.files.wordpress.com/2013/11/juknis-final-3-2-16-1.pdf

DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia (L. Saputra, I. Wahyu, & Y. Ptihantini (eds.); 5th ed.). Tangerang: Karisma Publishing Group.

Hermino, A. (2020). Contextual Character Education for Students in the Senior High School. European Journal of Educational Research, 9(3), 1009–1023. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1009

Kurniasih, N. (2018). International Seminar on Education Management Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa-Indonesia Saturday. International Seminar on Education Management Quality Improvement in Curriculum Development, 60–68. http://jurnal.ust.jogja.ac.id60

Manning, J. (2015). Positive and Negative Communicative Behaviors in Coming-Out Conversations. Journal of Homosexuality, 62(1), 67–97. https://doi.org/10.1080/00918369.2014.957127

Maulida, H., Prawira W, R. Y., & Nugrahenti, M. C. (2020a). EDUKASI HUKUM DAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL BAGI GEN Z. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.11867

Maulida, H., Prawira W, R. Y., & Nugrahenti, M. C. (2020b). Komunikasi Kesehatan Perilaku Hidup Sehat #JSR Di Media Sosial. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.44

Mega Rezkiana, N., & Torro, S. (2019). PELAKSANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 POLONGBANGKENG UTARA. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 6(3), 95–100. https://doi.org/10.26858/SOSIALISASI.V0I0.13364

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, I., Mahanani, P., & Nabilah, A. (2017). Planting Value of Character Through School Culture and Learning in Grade School Class System Full Day School Sdit Insan Permata. 118, 339–345. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.56

Olubiyi, O., Smiley, G., Luckel, H., & Melaragno, R. (2019). A qualitative case study of employee turnover in retail business. Heliyon, 5(6), e01796. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01796

Pramono, F., Lubis, D. P., Puspitawati, H., & Susanto, D. (2016). The Influence of Adolescent Communication Patterns to Emotional Intelligence and Learning Achievement of Senior High School Students in Bogor. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 30(1), 121–134.

Prawira W, R. Y., & Maulida, H. (2020). KREDIBILITAS KOMUNIKATOR JURUS SEHAT RASULULLAH DI KALANGAN FOLLOWERS INSTAGRAM @ZAIDULAKBAR. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 1. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.9527

Priyatni, E. T. (2013). INTERNALISASI KARAKTER PERCAYA DIRI DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING. Jurnal Pendidikan Karakter, III(2), 164–173.

Pusungulaa, A., Pantow, J., & Boham, A. (2015). POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI KELURAHAN BEO TALAUD. Acta Diurna, IV(5).

Rahmayani, A. (2019). PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI TERBUKA ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 02 BREBES. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Retnowati, Y. (2008). Pola Komunikasi Orangtua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus Di Kota Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi UPNYK, 6(3), 104137. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.6.1.

Risminiwati, & Rofi’ah, S. N. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTA BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 68–76. http://m.voaindonesia.com

Ritonga, J. (2005). Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: PT Indeks.

Rundengan, N. (2013). POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA PAPUA DI LINGKUNGAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, II(I). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/966/779

Rustan, A. S. (2018). Pola Komunikasi Orang Bugis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Yuli Permata, & Azwar, W. (2017). FENOMENA BULLYING SISWA: STUDI TENTANG MOTIF PERILAKU BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 01 PAINAN, SUMATERA BARAT. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367.

Sari, Yuli Puspita. (2019). Pola Komunikasi Antarbudaya di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 151. https://doi.org/10.29240/jdk.v3i2.644

Subianto, J. (2013). PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/viewFile/757/726

Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 501. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.45

Thompson, K. A. (2014). Communication Reveals Character . https://www.kevinathompson.com/communication-character/

Umar, S. H., & Umawaitina, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Sekolah Sehat Dan Ramah Anak Di Smp Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1), 137–143. https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1464

Urea, R. (2012). The Influence of the Teacher’s Communication Style on the Pupil’s Attitude Towards the Learning Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 41–44. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.610

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuriah, N., & Yustianti, F. (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats