PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP NEGERI 5 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN

Mustika Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan  motivasi  hasil  belajar   keterampilan dan pengetahuan peserta didik setelah menerapkan pembelajaran kooperatif  tipe Berbasis masalah  pada bidang study IPS pada kelas VIII E semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 di SMPN 5 Mataram . Manfaat penelitian ini adalah meningkatkan keterampilandan  motivasi peserta   didik untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan  masalah ,sekaligus dapat meningkakan kerjasama untuk menyelesaikan masalah  dalam pelajaran, IPS di kelas VIII E  SMPN 5  Mataram dan bagi guru  diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilanseorang guru, dalam menerapkan berbagai model dan pendekatan pembelajaran di kelas, sebagai upaya ilmiah untuk meningkatkan pengembangan keprofesional keberkelanjutan (PKB) bagi guru – guru IPS. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus , masing-masing siklus kegiatannya adalah ; perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa  motivasi belajar menunjukkan angka 76,8  dengan capaian klasikal 97 %, nilai keterampilan 82 dengan capaian klasikal 100  % dan nilia pengetahuan 83 dan capaian klasikal 81 % . Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu  ( KKM  ( ≥ 75) untuk motivasi dan  hasil belajar keterampiln dan pengetahuan, karena indikator keberhasilan telah tecapai maka penelitian dicukupkan pada siklus II.


Keywords


Motivasi & Hasil Belajar Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas RI,2004.Undang Undang No 20 tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.

___________. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, dan Mudjiono. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP untuk kelas VIII semester 2. Jakarta:Erlangga.

Iwan Setiawan,dkk 2018 Buku guru IPS Kelas VIII,Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Repoblik Indonesia

Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Nasution S., 2001. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Slameto.1995, "Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mepengaruhinya", Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

blog’er Ulum :Motivasi belajar siswa

(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Pembelajaran PBM)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats