STRATEGI PEMULIHAN PERMINTAAN PASAR TERHADAP PRODUK KERAJINAN GERABAH DI DESTINASI WISATA BANYUMULEK PASKA GEMPA LOMBOK

Siti Yulianah M. Yusuf, Dewi Rispawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan penurunan permintaan pasar produk gerabah di Desa Banyumulek pasca gempa Lombok yang terjadi tahun 2018. Pada awalnya masyarakat di Desa Banyumulek membuat gerabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Keahlian membuat gerabah sudah diajarkan sejak usia dini dan bersifat turun temurun. Seiring dengan berjalannya waktu, gerabah yang dibuat semakin beragam, hal ini karena adanya permintaan dari berbagai penginapan dan  galeri seni (art-shop) sebagai hiasan, sehingga menghidupkan ekonomi masyarakat di Desa Banyumulek dengan banyaknya permintaan akan produk kerajinan gerabah. Namun pasca gempa, kini Desa wisata Banyumulek sepi, imbasnya banyak galeri seni yang gulung tikar. Para pengrajin gerabah yang memilih berhenti dan beralih keusaha lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan melihat permasalahan ini perlu adanya inovasi sebagai strategi guna meningkatkan permintaan pasar terhadap produk gerabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi yang dapat dilakukan guna menetukan strategi yang tepat untuk meningkatkan permintaan pasar produk gerabah pasca gempa Lombok yang terjadi pada tahun 2018 lalu. Penelitian ini dilakukan di Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Objek dalam penelitian ini adalah para pengrajin gerabah di Desa Wisata Banyumulek. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara interaktif akan saling berhubungan selama dan sesudah pengumpulan data.

Keywords


Strategi Pemasaran, Permintaan Pasar, Inovasi & Ekonomi Pasca Gempa

Full Text:

PDF

References


https://lombokbarat.bps.go.id

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Tiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Assauri, Sofjan. 2012. Strategi Pemasaran, Cetakan Satu, Edisi Satu. Depok: Raja Grafindo Persada.

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Sutarno. 2012. Serba-serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fontana, Avanti. 2009. Innovate We Can! Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Jakarta: Gramedia.

Rogers, M.Everett.2003. Diffusion of Innovation 5th Edition. The Free Press: New York.

Tati Suhartati Joesron. 2012. Teori Mikro Ekonomi. Graha Ilmu .Yogyakarta

Sugiarto, 2009. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri. Graha Ilmu: Yogyakarta

Prathama Rahardja, Mandala Manurung. 2009. Teori Ekonomi Makro. Jakarta: LPFEUI.

Lipsey, Richard G. 2009. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta

Simatupang, T.M. 2007. Ekonomi Kreatif Berperan Penting. Pikiran Rakyat, 13 September 2007.

Departemen Perdagangan RI. 2009. Pengembangan Ekonomi Kreatif 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan.

Hawkins, D.I.,dan Mothersbaugh, D.L.2010. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. 11 th Edition. McGraw-Hill: Irwin.

Wikipedia. https://id.m.wikipedia.org.

http://kerajinanindonesiaku.com/gerabah.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Hancock, B. 2002. An Introduction to Qualitative Research. Trent Focus Group. University of Nottingham.

Usman, Husaini & Purnomo Setiadi. 2008. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tim Wacana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats