PENERAPAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

Titik Kristinawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kepemimpinan transformasional pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dan dianalisa dengan menggunakan sofware QDA miner lite. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada lokus, yakni belum pernah dilakukan penelitian terkait model kepemimpinan pada lokus yang dipilih dan metodologi penelitiannya, yakni banyak penelitian dengan permasalahan yang sama menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwasanya kepemimpinan transformasional mampu mendorong peningkatan pelayanan publik yang prima. Permasalahan yang dihadapi organisasi dengan raport merah dari Ombudsman mendorong kreativitas, komitmen, integritas tidak saja dari pemimpin namun juga dari pegawai yang ada di organisasi. Kemampuan pemimpin menetapkan tujuan yang jelas, sehingga membangun harapan yang tinggi dari para pengikutnya. Dukungan dan pengakuan pemimpin menjadi daya ungkit setiap anggota dalam organisasi untuk mampu melampaui kepentingan diri mereka sendiri. Dengan demikian rasa bangga, hormat, dan kepercayaan bawahan pada kemampuan pemimpinnya dalam mengatasi setiap permasalahan memudahkan pola kolaborasi kerja tercipta dan hal ini  mampu mendorong perbaikan tata pemerintahan yang baik (Good governance) dalam pelayanan publik yang jauh lebih prima. Gaya kepemimpinan seperti ini dapat dijadikan role model bagi para pemimpin lain khususnya di Kota Kupang, dan pada umumnya untuk Nusa Tenggara Timur.


Keywords


Transformational Leadership, Good Governance & Excellent Service

Full Text:

PDF

References


Aropi. 2016. Analisis Penelitian. Jakarta: LAN RI.

Bass, Bernard M, dan Ronald E Riggio. 2006. Transformational Leadership. London: Lawrence Erlbaum Associate, Inc, Publishers.

Denzin, Norman K, dan Yvonna S Lincoln. 2009. Handbook Of Qualittaive Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khan, N.R, A.M Ghouri, dan M Awang. 2013. “Leadership Style and Organizational Citizenship Behaviour in Small and Medium Scale Firm.” Researchers World Journal of Art, Science and Commerce 144-154.

KPK RI. 2016. Good Governance dan Pelayanan Publik. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat kedeputian bidang Pencegahan KPK.

Maxwell, John C. 2019. Leadershift. Pertama. Disunting oleh Sari Rachmatika. Dialihbahasakan oleh Jimmy Simanungkalit. Surabaya, East Java: PT. Menuju Insan Cemerlang. Diakses September 2019.

Moleong, Lexy, J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A.P. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Perusahaan dan Kompensasi terhadap kinerja karyawan PDAMTirta Dharma Kota Salatiga.” Diponegoro; Journal of Social and Politic 1-10.

Pangesti, G.R, H.K Tjahjono, dan T Maryati. 2013. “The Influence of Transformasional Leadership, Motivation Factor, and Hygiene Factor toward job satisfaction of Balai Besar Latihan Ketransmigrasian Yogyakarta.” Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi 4 (1): 31-44.

Robbins, Stephen P, dan Timothy A Judge. 2015. Perilaku Organisasi. 16. Dialihbahasakan oleh Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat. Diakses 2015.

Sarundajang. 2005. Birokrasi Dalam Otonomi Daerah. Jakarta: Kata Hasta Pustaka.

Sedarmayanti. 2012. Good Governace dalam rangka otonomi Daerah. Bandung: Mandar Maju .

Stanley, Andy. 2014. “Better Before Bigger.” Andy Stanley Leadership Podcast. 30 Juni. https://www.youtube.com/watch?v=rQDEdKaphOc.

Suprapti, Wahyu. 2016. Ragam Strategi Diklat. Jakarta: LAN RI.

Suryana, Asep. 2020. Konsep Dasar Kepemimpinan. 3 Maret. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MPDR5301-M1.pdf.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats