PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi pada WPOP yang terdaftar pada KPP Pratama Ende Periode 2019)

Sabulon Sayang, Rohani Septiani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan menyebar kuesioner sebanyak 95 responden wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Ende. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Variabel independen (X) meliputi kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan saksi pajak. Sedangkan variabel dependen adalah kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan saksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Keywords


Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan & Sanksi Pajak

Full Text:

PDF

References


Boediono. 2009. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriantoro, N., B. Supomo. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Mardiasmo. 2013. Perpajakan Indonesia.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ningsih, Heny Triastuti Kurnia dan Sry Rahayu. 2017. Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak tTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Medan Kota. Syariah Paper Acounting FEB UMS ISSN 2460-0788.

Nugroho, Aditiyah dan Rita Andini.2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, dan Pengetahuan Perpajakan, Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan. Jurnal Of Accounting. Vol 2 No. 2 Maret 2016.

Pohan, Chairil Anwar. 2014. PengantarPerpajakan Teori dan Konsep Hukum Pajak. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pranadata, I Gede Putu. 2014. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, dan Pelaksana Samksi Pajak, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Prbadi Pada KPP Pratama Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB (Vol 2, No. 2: Semester Genap 2013/2014).

Prasetyo, Adinur. 2016. Konsep dan Analisis Rasio Pajak. Jakarata: Elex Media Kamputindo.

Rahmanto B.W. 2015. Pengeruh Pemahaman Peraturan Pajak,Sanksi Denda,dan Kesadaran Wajib Pajak,Terdapat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta. Jurnal Ekonomi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unifersitas Negeri Yogyakarta.

Salamun. 1991. Pajak, Citra dan Upaya Pembaharuanya. Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Siahaan, Marihot Pahala. 2009. Utang Pajak, Pemenuhan Kewajiban, dan Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudirman, Rismawati dan Amiruddin A. 2012. Perpajakan Pendekatan Teori dan Praktek. Malang: Empatdua Media.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i9.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats