PENGARUH PENGALAMAN, RELATIVISME, IDEALISME DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP SENSITIFITAS ETIKA AUDITOR (Studi pada Kantor Inspektorat Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo)

Sabulon Sayang, Frederika Amgelina Ngidul

Abstract


Pengujian berikut dilakukan untuk membuktikan adanya pengaruh dari pengalaman, relativisme, idealisme, dan komitmen profesional terhadap sensifitas etika. Jumlah responden sebanyak 35 orang, data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada auditor Kantor Inspektorat Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dengan menggunakan metode SSPS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengalaman berpengaruh terhadap sensitifitas etika dengan nilai signifikansi 0,03<0,05. Variabel relativisme tidak berpengaruh terhadap sensitifitas etika dengan nilai signifikan 0,17>0,05. Variabel Idealisme tidak berpengaruh terhadap sensitifitas etika dengan nilai signifikansi 0,67>0,05. Komitmen professional berpengaruh terhadap sensitifitas etika dengan perolehan nilai sinifikansi  0,01<0,05.


Keywords


Pengalaman, Relativisme, Idealisme, Komitmen Profesional & Sensitifitas Etika

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin. A. & Loebbecke, James. K.1995. Auditing Suatu Pendekatan Terpadu.Terjemahan oleh Herman Wibowo. Jakarta: Erlangga.

Asana, Gde H S. 2013. Pengaruh Pengalaman, Komitmen, dan Orientasi Etika pada Sensitifitas Etika Auditor. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Denpasar.

Asih. 2006. “Pengaruh Orientasi Etika Pada Komitmen dan Sensitifitas Etika Auditor (Studi Empiris pada Auditor di Bengkulu dan Sumatera Se1atan)”. Simposium Nasional Akuntansi 11. Universitas Tanjung Pura, Pontianak.

Aziza, Nurna dan Salim, Andi Agus.2008.Pengaruh Orientasi Etika Pada Komitmen dan Sensitifitas Etika Auditor (Studi Empiris pada Auditor di Bengkulu dan Sumatera Selatan).Proceeding Simposium Nasional Akuntansi 11, Universitas Tanjung Pura, Pontianak.

Falah, Syaikhul.2008. Pengaruh Budaya Organisasi dan Orientasi Etika terhadap Sensitifitas Etika. Papua: Universitas Cendrawasih.

Halim, Abbdul.2001. Auditing (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan).Yogyakarta: Akdemi Manajemen Perusahaan YKPN.

Kartikasari.2012.Hubungan Orientasi Etika, Komitmen Profesional, Sensitifitas Etis dengan Whistleblowing Perspektif Mahasiswa Akuntansi.Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.

Khomsiyah & Indriantoro.2000.Pengaruh Orientasi Etika terhadap Komitmen dan Sentivitas Etika Auditor Pemerintah di DKI Jakarta.

Kurniawan, Dani Adi. 2013. Pengaruh Orientasi Terhadap Sensitifitas Etika Auditor Dengan Komitmen Profesional Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervering (Studi Pada Auditor KPA Kota Semarang).Skripsi dipublikasikan.Semarang : Univesitas Diponegoro.

Munawir, H. S.1999. Auditing Modern.Yogyakarta: Univeritas Gadja Mada Yogyakarta.

Mahendra, Purwatanza.2014. Pengaruh Orientasi Etika dan Komitmen Profesional terhadap Sensitifitas Etika Auditor.naskah publikasi.Surakarta, Universitas Muhammadiyah.

Dewi, Putu Purnama, Ramantha, I Wayan& Rasmini. 2015. Pengaruh Pengalaman ,Orientasi Etika, dan Budaya Etis pada Sensitifitas Etika Auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Bali (online),ISSN : 2337:3067, diakses 21 Maret 2019.

Sukriah, Ika.2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitasn Integritas dan Kompetensi terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan, (online), (http: /blog.umy,ac,id/ervyn/files2012/06/aspial 13.pdf), diakses 19 Maret 2019.

Trianingsih,Sri. 2003. Pengaruh Komitmen terhadap Kepuasan Kerja Auditor: Motivasi sebagai Variabel Intervening (studi empiris pada kantor Akuntan Publik di Jawa Timur). Semarang: Program Studi Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Widiyanto,Adi Kurniawan Dwi dan Indrawati Yuhertiana. 2005. Pengaruh Pendidikan, Pengalaman, dan Pelatihan terhadap Profesionalisme Auditor Pemerintahan yang Bekerja pada Badan Pengawas Kota Surabaya. Jakarta: Konferensi Nasional Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats