EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA/I STIE SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR
Abstract
Media sosial merupakan media yang dimanfaatkan sebagai sarana secara online di internet baik untuk komunikasi, berinteraksi, berbagi dan berbagai kegiatan lainnya. Dari studi pendahuluan, diketahui bahwa sekitar 35% mahasiswa/i STIE Sultan Agung sudah menjalankan wirausaha. Namun usaha-usaha tersebut mayoritas masih dijalankan secara konvensional tanpa memanfaatkan media sosial sebagai media pemasarannya. Sedangkan pada zaman sekarang, konsumen lebih banyak menikmati berbagai produk dari berbagai media sosial yang ada seperti facebook, instagram, youtube, twitter, whatsapp, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i STIE Sultan Agung yang menjalankan usaha dengan menggunakan media sosial. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara terstruktur melalui kuesioner. Analisis data dilakukan melalui empat alur kegiatan, meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih belum memanfaatkan media sosial yang ada secara efektif dalam mempromosikan produknya kepada konsumen dilihat dari unsur AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share). Saran dari hasil penelitian ini adalah mahasiswa sebaiknya tetap intens melakukan pemostingan foto produk dan video story yang menarik serta memanfaatkan fitur polling, kuis, dan pertanyaan pada media sosial. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan marketplace yang tersedia dan menjalin mitra dengan pengusaha lain, serta menjalankan event-event seperti giveaway, pemberian cashback dan bebas ongkir, serta event challenge untuk mendorong konsumen berbagi informasi mengenai produk maupun usaha mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baktiono, R. A., & Artaya, I. P. (2016). Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui Pendekatan Uji Categorical. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 2.
Halim, F., Sherly & Sudirman, A. (2020). Marketing dan Media Sosial. Bandung: Media Sains Indonesia.
Hartato, A. (2017). Tumbuh 10 Persen, Generasi Milineal Dongkrak Industri Digital.
Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika Upgris, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.26877/jiu.v2i1.1067
Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Pertiwi, W. K. (2019). Facebook Jadi Medsos Paling Digemari di Indonesia Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Facebook Jadi Medsos Paling Digemari di Indonesia”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2019/02/05/11080097/facebook-jadi-medsos-paling-digem.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Wirawan, F. W., & Hapsari, P. D. (2016). Analisis AISAS Model Terhadap Product Placement Dalam Film Indonesia Studi Kasus: Brand Kuliner di Film Ada Apa Dengan Cinta 2. Jurnal Rekam, 12(2), 69–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1424
Yuliani, A. (2019). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i10.837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats