PENGGUNAAN ANALISIS REGRESI LOGISTIK DALAM MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT MUSLIM KABUPATEN LOMBOK BARAT UNTUK BERTRANSAKSI PADA BPRS

Muhammad Habibullah Aminy, Baiq Dewi Lita Andiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan keuangan, pengetahuan produk, lokasi kantor dan religiusitas terhadap keputusan masyarakat muslim Kabupaten Lombok Barat untuk bertransaksi pada BPRS serta menguji faktor mana yang paling berpengaruh diatara empat faktor tersebut. Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis regresi logistic.Hasil Penelitian menunjukan Pengetahuan keuangan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim Kabupaten Lombok Barat untuk bertransaksi pada BPRS. Hal ini ditunjukkan signifikansi sebesar 0.761 (p>0,05). Pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim Kabupaten Lombok Barat untuk bertransaksi pada BPRS. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.029 (p<0,05). Lokasi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim Kabupaten Lombok Barat untuk bertransaksi pada BPRS. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.560 ( p>0,05). Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim Kabupaten Lombok Barat untuk bertransaksi pada BPRS. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.012. Faktor yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah religiusitas. Ditunjukan nilai signifikan yang paling kecil yaitu  0.012. Temuan penting pada penelitian ini, probabilitas rata-rata masyarakat muslim di Kabupaten Lombok Barat memiliki probabilitas 21,19% akan bertransaksi pada BPRS, jika diambil sampel acak 100 orang Islam kemungkinan 21 orang akan melakukan transaksi pada BPRS.

Keywords


Faktor-faktor; pengaruh; transaksi; BPRS

Full Text:

PDF

References


Atik Masruroh. (2015). “Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa STAIN Salatiga”. (Online) Jurnal. Prodi Perbankan Syariah STAIN Salatiga.

Andrew, Vincentinus, & Nanik, Linawati. (2014). Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan Dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Surabaya. FINESTA.Vol. 02. No. 02.

Jantun, Rengganing & H. maknadi, Rizal (2015). “Analisis Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Mengambil Pembiayaan Pada Kospin Jasa Layanan Syariah Pekalongan”. Diponegoro journal of management. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2015, Halaman 1-10 ISSN (Online): 2337-3792

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Limadudin Yuliadi, (2007), Perekonomian Indonesia, Cetakan Pertama Penerbit Fakultas Ekonomi UMY Yogyakarta.

Hutabarat. (2012). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Pekanbaru”. Riau. (online), Jurnal Ekonomi. Universitas Bina Widya Panam.

Kahf, Monzer, (1995). The Islamic Economy: Analytical of The Functioning of The Islamic Economic System, Terj. Machnun Husein, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Omer, H.S.H. (1992). The Implications of Islamics Beliefs and Practice on the Islamic Financial Institutions in the UK: case study of Albaraka International Bank UK. Ph.D Thesis, Economisc Department Loughborough University.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Vita Widyan Priaji. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Menabung di Bank Syariah. Journal Ekonomi Islam. Jakarta. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i5.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats