EVALUASI HASIL BELAJAR PELATIHAN MANAJEMEN PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI BAPELKES JAMBI

H. Helni

Abstract


Evaluasi merupakan salah satu tahapan penting dalam suatu program pelatihan.  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan manajemen puskesmas dengan pendekatan keluarga berdasarkan hasil evaluasi tingkat kedua (learning) dari model evaluasi kirkpatrick dengan menggunakan data dari laporan pelatihan manajemen puskesmas dengan pendekatan keluarga tahun 2019 di balai pelatihan kesehatan jambi. penelitian ini dilakukan dengan metode evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. untuk aspek pengetahuan  dilakukan dengan cara mengukur hasil penilaian pre test dan pos test, aspek keterampilan dengan menggunakan tes komprehensif dan aspek sikap dengan menggunakan lima komponen sikap dari peserta pelatihan. analisis data dilakukan dengan  t-test paired two sample for means untuk aspek pengetahuan.  hasil analisis menunjukkan bahwa  ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil penilaian pre test dengan rata-rata hasil penilaian post test pada angkatan ii,iii,iv dan v (p=0,0000). Untuk aspek keterampilan dan aspek sikap semua peserta pada angkatan i,ii,iii,iv dan v memperoleh nilai sesuai dengan persyaratan minimal. dari hasil evaluasi tingkat kedua(learning) metode kirkpatrick pelatihan manajemen puskesmas dengan pendekatan keluarga angkatan i,ii,ii,iv dan v dinyatakan efektif karena telah terjadi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap dari peserta. masih perlu perbaikan ke depan terutama untuk evaluasi aspek pengetahuan.


Keywords


Kirkpatrick, Learning, Pengetahuan, Keterampilan & Sikap

Full Text:

PDF

References


Anon. 2014. “Undang-Undang No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.”

Arthur, Riyan. 2018. “Evaluasi Program Diklat Karya Tulis Ilmiah Untuk Widyaiswara Pusbangtendik Kemdikbud.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 22(1):35–48.

Asy’ari, Hasyim, Tengku Rusman N, and Astina Riyana. 2020. “Evaluasi Program Pelatihan Guru Di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia.” TADBIR :Studi Manajemen Pendidikan 4(1):67–85.

Dewi, Nur Fadilah, and Yulial Hikmah. 2018. “Efektifitas Program Pelatihan Program Pengendalian Infeksi (PPI) Melalui Evaluasi Pre Test Dan Pos Test Di Bagian Diklat Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSP PON).” Jurnal Administrasi Bisnis Terapan 1(1):51–57.

Donald L. Kirkpatrick, and James D. Kirkpatrick. 2006. Evaluating Training Programs : The Four Levels. third edit. Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Hania Aminah. 2015. “Model Evaluasi Kirkpatrick Dan Aplikasinya Dalam Pelaksanaan Pelatihan (Level Reaksi Dan Pembelajaran) Di Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Perum Jakarta.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) 6(1):376–94.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. “Peraturan Menteri Kesehatan RI No 75 Tahun 2014.”

Kementerian Kesehatan RI. 2017. Kurikulum Pelatihan Manajemen Puskesmas. Puslat SDM Kesehatan BPPSDM Kesehatan Kemenkes RI.

Lembaga Administrasi Negara RI. 2018. “Peraturan Lembaga Administrasi Negara RI No 10 Tahun 2018.”

Muhammad Ridha Albaar, Zulfiati Syahrial, and Halimatus Syakdiah. 2019. Evaluasi Pengelolaan Diklat Teknis. Uwais Inspirasi Indonesia.

Muslihin. 2016. “Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Teknologi Pendidikan 18(1):22–32.

Rohaini, Rahmi Astuti, Nandang Hidayat, and Entis Sutisna. 2019. “Evaluasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Dalam Mendukung Terwujudnya Sumberdaya Manusia Profesional Berkarakter.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7(1):692–99.

Syamsu Qamar Badu. 2012. “Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 16:100–128.

Umi Widyastuti, and Dedy Purwana. 2015. “Evaluasi Pelatihan (Training) Level II Berdasarkan Teori The Four Levels Kirkpatrick.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis 3(2):119–28.

Vitrianingsih, and Nur Khasanah. 2017. “Evaluasi Efektifitas Pelatihan Penamganan Gawat Darurat Obstetri Dan Neonatus (PPGDON) Di Program Studi D-IV Biadan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta.” Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu 8(2):171–78.

Yetti Nurhayati. 2018. “Penerapan Model Kirkpatrick Untuk Evaluasi Prgram Diklat Teknis Substantif Materi Perencanaan Pembelajaran Di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau.” Andragogi Jurnal Teknis VI(2):170–87.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats