PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNOLOGI INFORMASI AIRLANGGA TAHUN AJARAN 2020/2021

Andi Rustandi, Asyril Asyril, Nurul Hikma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Android pada materi Logika dan Algoritma di SMK TI Airlangga Samarinda tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri tiga tahap, yaitu Planning, Production, Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan studi literature dan studi lapangan, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020. Subjek pada penelitian ini ialah satu orang ahli materi dan tiga orang ahli media. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dengan materi  logika dan algoritma menggunakan smart apps creator3. 2) Uji kelayakan dapat dilihat pada perolehan hasil angket pengujian oleh ahli materi dengan 17 indikator serta 4 aspek diperoleh jumlah skor 74 dari skor maksimum 85 dengan kategori “sangat layak” dengan persentase kelayakan 87,16% dari rentang X > 81%, pengujian dengan tiga ahli media dengan 15 indikator serta 7 aspek diperoleh jumlah skor 219 dari skor maksimum 225 dengan kategori “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 97,33% dari rentang X > 81%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan PPE (Planning,Production, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literature dan angket serta media pembelajaran ini  “Sangat  Layak” untuk di gunakan dengan persentase kelayakan 94,52%.


Keywords


Media Pembelajaran berbasis Android, PPE & Smart Apps Creator3

Full Text:

PDF

References


Arif Akbarul Huda. (2013). Live Coding! 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta:Andi

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. Bambang Hariyanto. (2009). Sistem Operasi. Bandung ;Informatika Bandung Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Djamrah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Rineka Cipta

Dwi Masfufah, (2014) Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Siswa Kelas X SMA/MA pada Materi Visru,”Skripsi,(Yogyakarta:UIN Sunan Klijaga)

Kusnadi et.al (2008).Sistem Operasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Munadhi, Yudhi. (2013). Media Pembeljaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Press Group.

Nana Syaodih Sukmadinata.(2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purbasari, Rohmi Julia. (2013). “Pegembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi DImensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X”. Skripsi. FMIPA UNY

Rusman. (2012). Belajar dan Ragam Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad21. Bandung:Alfabeta.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Suartama, I Kadek. 2010. “Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.43 No.3 Oktober 2010.pp. 253-262.

Sugiyono.2019.Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung:Alfabeta Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and

Development. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagog




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats