KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PRODUK BUKALAPAK. COM DENGAN PENDEKATAN KEPERCAYAAN KONSUMEN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RISIKO (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DI KOTA BOGOR)

Dwi Gemina, Endang Silaningsih, Kartika .

Abstract


Bukalapak.com merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang  didirikan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual-beli online dengan model bisnis customer-to-customer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Tujuan penelitian ini; 1) menganalisis pengaruh kepercayaan konsumen, keamanan, persepsi risiko terhadap keputusan pembelian online produk Bukalapak.com Kota Bogor; 2) Faktor pendorong dan penghambat keputusan pembelian online produk Bukalapak.com Kota Bogor. Objek penelitian konsumen pembelian online produk bukalapak.com sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel metode proportional random sampling bentuk penelitian yaitu deskriftif dan verifikatif. Kemudian kuesioner diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari pengujian tersebut data dinyatakan valid dan reliabel serta melakukan uji asumsi klasik untuk digunakan dalam uji regresi. Hasil penelitian bahwa secara simultan kepercayaan konsumen, keamanan  dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikasi keputusan pembelian online produk Bukalapak.com Kota Bogor. Sedangkan secara parsial kepercayaan konsumen, keamanan dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online Bukalapak.com di Kota Bogor. Sedangkan faktor pendorong keputusan pembelian online Bukalapak.com di Kota Bogor adalah kepercayaan konsumen, keamanan dan persepsi risiko

Keywords


Kepercayaan Konsumen, Keamanan, Persepsi Risiko dan Keputusan Pembelian Online

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Hermawan, 2013, E-Business

dan E-Commerce. Andi, Yogyakarta

Internet World Stats, 2017, Populasi Statistik Pengguna Internet di Asia Tahun 2017. Diakses pada tanggal 17-12-2019; Pukul : 03:00 WIB. https://www.internetworldstats.com/stats3.htm

Pratama, I Putu Agus Eka, 2015. E-commerce, E-Business dan Mobile Commerce: Berbasis Open Source. Informatika, Bandung.

Indrajit, 2001, Analisis dan Perancangan Sistem Berorientasi Object. Informatika, Bandung.

McLeod, Raymond dan Shell, 2007, Management Information System. Pearson Education, New Jersey.

Marketing Research Indonesia (MARS), (2017), Marketing Research Indonesia (MARS) dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Diakses pada tanggal 17-12-2019; Pukul : 03:50 WIB. http://www.mri-research-ind.com/

Badan Perencanaan pembangunan Nasional, 2018, Proyeksi Penduduk Indonesia Tahun 2010-2035, Badan Pusat Statistik. Nomor: 04110.13101. Jakarta.

Cisco Visual Networking Index (VNI). 2018. Complete Forecast Update 2017-2022, Diakses pada tanggal 18-12-2019; Pukul : 04:00 WIB. https://www.cisco.com/c/dam/m/en_us/network-intelligence/service-provider/digital-transformation/knowledge-network-webinars/pdfs/1213-business-services-ckn.pdf.

SWA Business. 2017. Populasi Jumlah Pengguna Internet Jawa Barat, Diakses pada tanggal, 18-12-2019; Pukul : 04:00 WIB. https://swa.co.id/business-champions/ranking.

Widjaja, 2016, Otomi Daerah dan Daerah Otonomi. PT. Raja Grafindo Persada. Bogor.

Bukalapak, 2019, Situs Belanja Online dan Jual Beli, Diakses pada tanggal 29-12-1019; Pukul. 03:30 WIB, www.bukalapak.com.

Andrade, E, 2000, Identifying discriminating variables of online and offline buyers: A perceived-risk approach, Proceedings of the 6 th Americas Conference on Information Systems. Electronic Commerce Research and Application. Vol 2, Issue 3, pp 216-228.

Hawskin, Del. L. Motherbaugh, David. L, 2007, Consumer Behaviour Building Marketing Strategy, 10th Edition. The MacGraw-Hill Companies Inc. New York.

Forsythe, Sandra dan Bo Shi, 2003, Consumer Patronage and Risk Perception in Internet Shopping, Journal of Business Research. Vol. 56, Issue 11, November 2003, pp. 867-875.

McKnight, Harrison, Viviek Choudhury dan Charles Kacmar, 2002, Special Issue on Measuring e-Commerce in Net-Enabled Organizations, Part 2 of 2: Developing and Validating Trust Measures for e-Commerce, An Integrative Typology Information Systems Research, ISSN 1526-5536 Electronic. Vol. 13, No. 3, September, pp. 1047-7047.

Sukma, Abdurrahman Adi, 2012, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma. Diakses tanggal, 5 Januari 2019. Pukul 19.00 WIB.

http://library.gunadarma.ac.id

Park, Eun Joo, Eun Young Kim dan Judith Cardona Forney. 2006. A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior, Journal of Fashion Marketing and Management, Vol. 10 No. 4. pp. 433-446.

Utama, Made Suyana, 2012, Aplikasi Analisis Kuantitatif. Sastra Utama. Denpasar.

Nielsen Global Survey of E-Commerce Q1, 2014, E-Commerce: Evolution or Revolution in the Fast-Moving Consumer Goods World 2014. Diakses pada tanggal, 17-12-2017; Pukul : 03:20 WIB. http://www.nielsen.com/content/dam/nielsenglobal/apac/docs/reports/2014/Nielsen-Global-E-commerce-Report-August-2014.pdf

Rong Li, JaeJon Kim, JaeSung Park, 2007, The Effects of Internet shoppers Trust on Their Purchasing Intention in China. Journal of Information Systems and Technology Management. Vol. 4, No. 3, pp. 269-286.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk, 2007, Perilaku Konsumen, Edisi ke-7. Indeks. Jakarta.

Arasu, Raman, dan Viswanathan Annamalai, 2011, Wet Services and E-Shopping Decision: A Study on Malaysia E-Consumer. IJCA Special Issue on: Wireless Information Networks and Business Information System. INTI International University, Putra Nilai. Malaysia. WINBIS 2011, pp 54-60.

Suryani, Tatik, 2008, Perilaku Konsumen: Implikasi pada Startegi Pemasaran, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Permatasari, Cisilia Desy Widya, 2015, Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi pada Pengguna Situs olx.co.id dan berniaga.com). Skripsi Universitas Dian Nuswantoro. Semarang. Diakses tanggal, 20 Desember 2019, Pukul 19.00

Mulyana Yusuf Fitra, 2016, Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Keamana Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Online OLX.co.id. Skripsi Universitas Negeri. Yogyakarta. Diakses tanggal, 20 Desember 2019, Pukul 20.00

Resa Nurlaela Anwar dan Aulia Afifah, 2016, Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur), Jurnal Manajemen Agustus 2016, Vol. 9, No. 1. Hal 46-57.

Ilham, Dino Achriza, 2017, Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada Sebagai E-commerce Terpercaya di Indonesia. Jurnal Manajemen, Universitas Nusantara Kediri. Vol 1, No 5. Hal. 3-12.

Fachrizi Alwafi dan Rizal Hari Magnadi, 2016, Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponegoro Journal Of Management. Vol.5, No.2. Hal. 1-15.

Rafidah, Inas dan Djawoto, 2017, Analisis Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. ISSN:2461-0593; Volume 6, Nomor 2, Februari 2017. Hal. 1-10.

Faizal Luthfi Ansori dan Titiek Tjahja Andari, 2016, Pengaruh Bauran Eceran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Di Kota Bogor. Jurnal Visionida, Volume 2 Nomor 2, Desember 2016; Hal. 25-36.

Sugiyono, 2013a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan Ketiga. Alfabeta, Jakarta.

Sugiono. 2013b. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Jakarta.

Nazir, Mohammad, 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke-15. Rineka Cipta, Jakarta.

Umar, Husein, 2008, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Usman Husaini, Akbar Purnomo Setia, 2006, Metode Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sekaran, Uma, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi ke-7, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Simona Vinerean, Iuliana Cetina, Luigi Dumitrescu and Mihai Tichindelean, 2013, The Effects of Social Media Marketing on Online Consumer Behavior. International Journal of Business and Management; Vol. 8, No. 14, pp 66-79.

Widiastuti Erni, Anthasari, Novie Hera. (2016). Pengaruh Faktor Kepercayaan, Keamanan dan Persepsi pada Risiko terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopie Martin Melalui Ssitem Online di Surakarta, Jurnal Penelitian dan Kajian Imiah, Universitas Surakarta. ISSN 2085-2215. Vol. 14 No. 13. 13 Juli 2016. Hal. 1-15

Hardiawan, Anandya Cahya, 2013, Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Skripsi Universitas Diponegoro. Semarang. Diakses 20 Desember 2019, Pukul 21.00

Koufaris, Marios dan Hampton Sosa William, 2004, The Development of Intial Trust in an Online Company by New Customer, Journal Information and Management. Departement of Computer Information System, Zicklin School of Business. Baruch College. Newyork, pp 377-397.

Sihombing, Sabrina O, 2012, Comparing Entrepreneurship Intention: A Multigroup Structural Equation Modeling Approach International Research, Journal of Business Studies, Vol. 5 No. 1, pp. 57-71.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats