PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN MENERAPKAN KODE ETIK PELAYANAN KEPADA PEGAWAI DI LAYANAN PUBLIK

Bertha Lubis

Abstract


Pada masa sekarang kebutuhan akan pelayanan publik yang prima telah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini tentu sangat membutuhkan perhatian dari semua pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Standar perilaku di sektor publik atau kode etik merupakan isu politik dan publik yang penting bagi setiap negara, yang selalu dipegang sebagai prasyarat mendasar untuk good governance.  Penelitian ini mencoba membahas tentang dampak kode etik sebagai faktor utama yang mempengaruhi layanan publik. Pembahasan artikel ini menggunakan studi kualitatif dengan pengumpulan data dengan pendekatan tinjauan pustaka dalam memberikan pemahaman terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menjelaskan penerapan kode etik pelayanan publik bagi pegawai memegang peranan penting karena akan hal ini akan mencegah perbuatan yang tidak etis, dapat meminimalisir masalah yang dapat ditimbulkan yang tentunya dapat melindungi pegawai dari jeratan sangsi dan hukum. Penelitian ini juga menemukan bahwa kode etik selama ini tidak memenuhi azas keadilan karena proses penyusunannya hanya berasal dari atas tanpa melibatkan pegawai yang menjadi bawahannya. Dalam penelitian kami juga merekomendasikan agar infrakstruktur etis berhasil maka infrastruktur organik harus berjalan

Keywords


Komunikasi, Etika, Layanan Publik, Pekerja Kantoran & Perilaku, Kode Etik

Full Text:

PDF

References


Adam, A. M., & Rachman-Moore, D. (2004). The Methods Used to Implement An Ethical Code of Conduct and Employee Attitudes. Journal of Business Ethics, 54(3), 225-244.

Del Mar, S. M., & Salinas-Jiménez, J. (2007). Corruption, Efficiency and Productivity in OECD Countries. Journal of Policy Modeling, 29(6), 903-915.

Dwivedi, O. P. (1965). A Code of Conduct for Civil Servants. The Dalhousie Review.

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Yogyakarta: UGM PRESS.

Erwin, P. M. (2011). Corporate Codes of Conduct: The Effects of Code Content and Quality On Ethical Performance. Journal of Business Ethics, 99(4), 535-548.

Fahmi, I. (2013). Etika Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Gilman, S. C. (2005). Ethics Codes And Codes of Conduct As Tools for Promoting An Ethical and Professional Public Service: Comparative Successes and Lessons. Prepared for the PREM, the World Bank.

Hatalea, A., Rusmiwari, S., & Aminulloh, A. (2014). Budaya Kerja Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(2).

Jeujanan, W. (2013). Peranan Etika Dalam Pelayanan Publik (Sebuah Kajian Teoritis). Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 2(2), 70-86.

Kusumawati, M. P. (2019). Harmonisasi Antara Etika Publik Dan Kebijakan Publik. Jurnal Yuridis, 6(1), 1.

Mariana, D. (2008). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Pejabat Publik: Studi pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sosiohumaniora, 10(3), 1.

Michael, B. (2012). Issues in Anti‐Corruption Law: How Can Code of Conduct Laws Be Drafted in Order to Reduce Corruption in a Public Sector like Romania's. European Law Journal, 18(2), 289-322.

Moloeng, L. J. (2010). Qualitative Research Methodology. Bandung: PT, Youth Rosdakarya.

Mulyadi, D., Gedeona, H. T., & Afandi, M. N. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik: Konsep & Praktik Administrasi dalam Penyusunan SOP, Standar Pelayanan, Etika Pelayanan, Inovasi Untuk Kinerja Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Mursitama, T. N. (2012). Peran Serta Masyarakat dan Dunia Usaha Dalam Mewujudkan Sistem Transparansi Nasional Pelayanan Publik. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 1(1), 75-91.

Nandari, A. W. S., & Latrini, M. Y. (2015). Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi, Penerapan Kode Etik, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 10(1), 164-181.

Rahadian, A. H. (2008). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jakarta: Jurnal Transparansi, 1(2), 57-70.

Rudiyansyah, S., & Dahlan, S. P. (2018). Etika Administrasi Publik: Public Administration Ethics (Vol. 1). SAH MEDIA.

Sadhana, K. (2010). Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Malang: CV Citra Malang

Saggaf, S., Said, M. M., & Saggaf, W. S. (2018). Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang (Vol. 1). Sah Media.

Sakyi, E. K., & Bawole, J. N. (2009). Challenges in Implementing Code of Conduct Within The Public Sector in Anglophone West African Countries: Perspectives From Public Managers. Journal of public administration and policy research, 1(4), 068-078.

Saryono, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika, 98-99.

Sinambela, L. P. (2017). Reformasi pelayanan publik. Bumi Akasara.

Somers, M. J. (2001). Ethical Codes of Conduct and Organizational Context: A Study of The Relationship Between Codes of Conduct, Employee Behavior and Organizational Values. Journal of Business Ethics, 30(2), 185-195.

Usman, J. (2011). Manajemen Birokrasi Profesional dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i12.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats