GALERI INVESTASI DAN MINAT MAHASISWA BERINVESTASI PADA PASAR MODAL

Halpiah Halpiah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar  kota mataram yang menjadikan Galeri Investasi sebagai Obyek Penelitian dan mahasiswa sebagai informan sebanyak 60 orang yang mewakili mahasiswa program studi akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, dengan rumusan masalah apakah dengan adanya galeri investasi  di Universitas Islam Al-Azhar mampu meningkatkan minat mahasiswanya untuk berinvestasi dan menjadi investor di pasar modal terutama mahasiswa fakultas ekonomi dimana galeri investasi berada,  penelitian mengunakan desain penelitian terapan pendekatan metode diskriptif yang dapat diartikan sebagai prosedur  pemecahan masalah yang diselidiki, sumber data dikumpukan melalui observasi, wawancara, dokumntasi dan temuan lapangan,sedangkan analisis datanya  dilakukan dengan cara melakukan representasi objektif mengenai gejala-gejala yang terdapat dalam  permasalahan penelitian diolah dan disajikan  sesuai data dan fakta yang ada di lapangan serta memberikan solusi dari permasalahan yang diangkat. Dari hasil dan pembahasan ada 8 faktor pemicu masih rendahnya minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal melalui galeri investasi. Sehingga diperlukan solusi kongkrit untuk menyelesaikan permasalahan ini salah satunya pembina galeri investasi  adalah dosen yang mempunyai minat besar terhadap pasar modal, baik pembina maupun  mahasiswa sebagai pengurus galeri investasi harus memiliki literasi keuangan yang mumpuni, paham investasi di pasar modal, sudah memiliki rekening sekuritas, sudah melakukan trading, sudah mengikuti sekolah pasar modal level 1 dan level 2, agar mampu memberikan edukasi yang benar dan update pada calon investor dalam hal ini adalah mahsiswa sehingga berminat berinvestasi di pasar modal melalui galeri investasi.


Keywords


Galeri Investasi, Pasar Modal & Minat Investasi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.

Atmaja, Lukas Setia. 2019. Seri Kartun: 1 Edukasi Yuk Nabung Saham. Kontan Publishing: Jakarta.

Divisi Pengembangan Investor Bursa Efek Indonesia. 2018. Modul Sekolah Pasar Modal Level 1. PT. Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Fristiana Irina. 2017. Metode Penelitian Terapan. Parama Ilmu: Yogyakarta.

Hasrini Sari dan Rifky Adi Pradana. 2018. Perancangan Strategi Pemasaran Galeri Investasi Berdasarkan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Investor Untuk Berinvestasi. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.

Husnan, Suad. 2009. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Devi dan Diota Prameswari Vijaya. 2018. Investasi Dan Pasar Modal Indonesia. Rajawali Pers: Depok.

Ismaulina I dan Suryani S. 2019. Pengaruh Kualitas SDM Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Investasi BEI FEBI IAIN Lhokseumawe. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.

Irham Fahmi dan Yovi Lavianti Hadi. 2009. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi Teori dan Soal Jawab. Alafabeta: Bandung.

Indonesia. 2020. Pangkalan Data Pendidikan (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI). Diakses pada tanggal 21 Agustus 2020 Pukul 14.36 WITA dari https://pddikti.kemdikbud.go.id/

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Perencanaan Keuangan. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan

Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats