PENGELOLAAN RISIKO MANAJEMEN KOSTRUKSI PADA TAHAP PELAKSANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MUTU LINGKUP KERJA KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI

Cahyo Sukendro, Akmaluddin Akmaluddin, Suryawan Murtiadi

Abstract


Menghadapi perkembangan dunia konstruksi yang semakin pesat maka pelayanan dalam bidang jasa konsultan mulai mendapat perhatian yang besar. Manajemen dalam suatu proyek konstruksi bukan saja hanya bertujuan agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar atau sesuai dengan rencana tetapi juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Penggunaan konsultan manajemen konstruksi yang diterapkan pada proyek-proyek yang dalam pelaksanaan melibatkan beberapa kontraktor dan bahkan lebih dari satu konsultan perencana. Dalam hal ini konsultan manajemen konstruksi bertugas selaku pengendali dan kordinator dalam keseluruhan sistem rekayasa sejak persiapam, perencanaan sampai pelaksanaan konstruksi berakhir, hal ini boleh dikatakan juga bahwa konsultan manajemen konstruksi secara keseluruhan memberi jasa untuk bertanggungjawab atas pengelolaan proyek konstruksi secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor risiko yang berpengaruh terhadap kinerja mutu proyek pada tahap pelaksanaan konstruksi bangunan gedung dan bagaimana cara mengelola risiko-risiko tersebut sehingga dapat meningkatkan kinerja mutu pelaksanaan proyek konstruksi bangunan gedung khususnya lingkup kerja konsultan manajemen konstruksi. Lokasi penelitian berada di provinsi Jakarta, Banten dan Nusa Tenggara Barat dengan metode penelitian menggunakan metode survey

Keywords


Proyek konstruksi, risiko, kinerja, konsultan manajemen konstruksi.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, V.R., 2000. “Pengaruh ISO 9000 Terhadap Kinerja Biaya Dalam Mengurangi Rework khususnya Pada Pekerjaan Struktur Saat Pelaksanaan Konstruksi”, Tesis, T. Sipil, Universitas Indonesia.

AS/NZS 3460, 1999. “Australia Standard Risk Management”.

Barrie, D.S. and Paulson, B.C., 1995. “Manajemen Konstruksi Profesional”, ed. 2, trans. Sudinarto, Erlangga, pp. 18-24.

CMAA, 2010. “An Owner’s Guide to Construction Management”, Construction Management Association of America. Pp. 11-13.

Dipohusodo, I., 1996. “Management Proyek dan Kontruksi” Indonesia.

Ehsan, N., Mehmood, A., dan Mirza, A., 2010. “Risk Management in Construction Industri” IEEE.

Eriza, 2019. “Manajemen Proyek Konstruksi”, Departemen Teknik Sipil dan

Lingkungan Fateta – IPB.

Idawati, L. Simanjuntak, M.R.A. dan Kurniawan, P., 2016. ”Indentifikasi Lingkup Kerja Konsultan Manajemen Konstruksi Pada Dokumen Kontrak Untuk Mengurangi Risiko Keterlambatan Pada Proyek Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Tinggi Di DKI Jakarta”.

Iman, S., 1995. “Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional”, Jakarta.

Kaming, P.F. dan Saputra, A.Y., 2013. “Studi Peran Konsultan Manajemen Kontruksi Pada Tahapan Proyek”.

Kuang, Z., 2010. “Risk Management in Construction Project”, Horsens Camus, Denmark.

Mohammad, N., 2005. “Metode Penelitian”, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nitithamyong, P. dan Tan, Z., 2007. “Determinants for Effective Performance of External Project Management Consultans in Malaysia” Egineering, Construction and Architectural Management, pp. Vol Np.5 PP.463-478.

Patrick, G.Z. and Wang, J.Y., 2010. “Identifying Key Risks in Construction Projects: Life Cycle and Stakeholder Perspectives”, University of Ne South Wales, Sydney.

Priyatno, D., 2010. “Paham Statistik Dasar Dengan SPSS”, Media Kom, Jakarta.

Project Management Institute (PMI), 2008. “A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide)”4th Edition, USA.

Sobirin, M., 2016. “Kinerja Proyek Kontruksi Bangunan Gedung Di Pengaruhi Oleh Beberapa Faktor Seperti Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alat Dan Sumber Daya Material”.

Sugiyono, 2003. “Statistika Untuk Penelitian”, Alfabeta, Bandung.

Taroreh, H. dan Mandagi, R.J.M., 2006. “Sistem Manejemen dan Konstruksi (SIMPROKO)” Tim Penerbit JTS Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Tuelah, J.D.P., Tjakra, J., dan Walangitan, D.R.O., 2014. "Peranan Konsultan Manajemen Konstruksi pada Tahap Pelaksanaan Proyek Pembangunan: Studi Kasus The Lagoon Taman Sari", Jurnal Tekno Sipil, Vol. 12 (61), pp. 47-53.

Umam, M.S., Syafitri, D., Hidayat, A., dan Kistiani, F., 2017. “Pengukuran Kinerja Konsultan Manajemen Kontruksi Pada Tahap Implementasi Proyek Kontruksi”.

Venegas, P. and Alarcon, L.F., 1997. Selecting long-term strategies for construction firms, construction management and economics journal.

Wideman, R.M., 1992. “Project dan Program: Risk Management A Guide to Managing Project Risk and Opportunities”, PMI.

Yin R.K., 1994. “Case study research design and methods”, New Delhi: Sage Publication.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats