ANALISIS PEMANFAATAN TANAMAN OBAT OLEH ORANG TUA KEPADA KELUARGA DI DESA BAURENO KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Nawafila Februyani

Abstract


Tumbuhan merupakan kekayaan sumber daya alam yang memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia,salah satu manfaatnya adalah sebagai obat. Tanaman obat telah banyak dikenal oleh manusia saat ini dan bahkan tak jarang sangat dipercaya sangat ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit. Banyak bagian tanaman yang bisa berpotensi sebagai tanaman obat, hal ini membuat masyarakat lebih mudah menjumpai dan memanfaatkan tanaman obat sebagai alternatif bagi mereka dalam mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui presentase penggunakan tanaman obat oleh masyarakat desa Baureno Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dan jenis-jenis tanaman yang telah digunakan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan wawancara dan kuisioner pada 57 responden yang terdapat di RT 10 Rw 04 Desa Baureno. Hasil Penelitian menunjukkan presentase penggunaan tanaman obat oleh orang tua dalam masyarakat setempat sebesar 96,5% menggunakan dan 3,5% belum pernah menggunakan, Dan terdapat 27 tanaman obat yang berada disekitar mereka yang telah digunakan oleh orang tua dalam media pengobatan dan peningkatan mutu kesehatan didalam mereka.


Keywords


Tanaman Obat & Orang Tua

Full Text:

PDF PDF

References


Dwisatyadini, M. 2017. Pemanfaatan Tanaman Obat Untuk Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Degeneratif. Jurnal Manusia dan Lingkungan Hidup. Vol 23 No.(2). Hal (206-215)

Emilda, Hidayah, M, Heriyati. 2017. Analisis Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga ( Studi Kasus Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat). Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol 14 No.(1). Hal (11-20)

Erlindawati,M. 2015. Survei Pengetahuan Masyarakat Tentang Tanaman Obat Keluarga Puskesmas Air Tabit. Jurnal Photon. Vol 6 No (1)

Ismail. 2015. Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Memilih Obat Tradisional di Gampong Lam Ujong. Idea Nursing journal. Vol VI No (1)

Jumiarni.WO, Komalasari.O. 2017. Eksplorasi Jenis dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Pada Masyarakat Suku Muna di Pemukiman Kota Muna. Traditional Medical Journal. Vol 22 No 1. Hal (45-56)

Nursiyah. 2013. Studi Deskriptif Tanaman Obat Tradisional Yang Digunakan Orang Tua Untuk Kesehatan Anak Usia Dini Di Gugus Melati Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ridwan.A, Inggrid, Agustina, Erni. 2017. Manfaat Olahan Toga Untuk Pengobatan Didesa Deliksumbar Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. PENAMAS ADI BUANA, Vol 1 No 1

Raodah. 2019. Pengetahuan Lokal Tentang Pemanfaatna Tanaman Obat Pada Masyarakat Tolaki di Kabupaten KONAWE Sulawesi Tenggara. Jurnal Pangadereng. Vol5 No. (1)

Sari, Ida D., Yuniar, Y., Siahaan, S., dkk. 2015. Tradisi Masyarakat Dalam Penanaman dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Lekat di Pekarangan. Jurnal Kefarmasian Indonesia. Vol 5 No (2). Hal (123- 132)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats