POSISI ARTEFAK BATUAN PADA TERAS SUNGAI KLAWING DI DAERAH BOBOTSARI, KABUPATEN PURBALINGGGA, JAWA TENGAH

Asmoro Widagdo, Eko Bayu Purwasatriya, Anjar Tri Laksono, Sugeng Waluyo

Abstract


Aliran Sungai Klawing berada di daerah Purbalingga, bagian dari Cekungan Banyumas-Jawa Tengah. Alur sungai ini memotong batuan Tersier di Pegunungan Serayu Utara, yang meliputi Formasi Halang, Kumbang dan Tapak serta batuan vulkanik Kuarter Gunung Slamet. Di daerah ini dijumpai batuan yang digunakan oleh manusia pra sejarah sebagai alat bantu kehidupan mereka atau disebut artefak. Posisi batuan ini pada susunan endapat Sungai Klawing menjadi masalah yang akan dikaji pada penelitian ini. Aliran sungai Klawing membentuk dataran allluvial di sekitar sungai. Dataran aluvial ini membentuk undak-undak di sekitar sungai Klawing. Paling tidak berkembang tiga undak sungai di sekitar daerah penelitian. Artefak manusia prasejarah berupa pisau batu, sisa pembuatan perhiasan, kapak batu, dan lain-lain dijumpai pada undak bagian tengah. Artefak yang diduga berumur 3000 hingga 1000 tahun yang lalu ini, pada beberapa tempat dijumpai pada endapan aluvial berukuran lempung  yang menumpang di atas lava basalt.


Keywords


Klawing, Undak, Artefak, Alluvial & Formasi

Full Text:

PDF

References


Aghnia, S. dan Hendratno, A., 2013. Studi Karakteristik Dan Perogenesa Jasper Di Desa Limbasari dan Sekitarnya Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Skripsi, T. Geologi UGM Yogyakarta.

Djuri M.,Samodra H., Amin T.C., Gafoer S., 1996, Peta Geologi Lembar Purwokerto dan Tegal, Jawa, Skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Siswandi dan Priadi, B., Genetic Study of Klawing-Jasper In Bobotsari Purbalingga. Proseding Seminar Nasional Kebumian ke-8, T. Geologi UGM, Yogyakarta

Widagdo, A., Setijadi, R. dan Brahmantyo, B., 1999. Analisis Geomorfologi Teras Sungai Klawing dalam Kaitannya dengan Potensi Arkeo-Geologi, Kabupaten Purbalinggga, PIT IAGI Semarang.

Widagdo, A. dan Setijadi, R. 2012. Geomorfologi Sungai Klawing Daerah Bobotsari, Kab. Purbalinggga, Jawa Tengah. Dinamika Rekayasa, Vol 8 No. 2.

Widagdo, A. dan Brahmantyo, B., 2014. Pengaruh Struktur Geologi Terhadap

Potensi Geodiversitas Di Daerah Sungai Klawing, Kabupaten Purbalingga-Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Rekayasa, Vol. 10 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i7.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats