BUDAYA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PLUS MIFTAHUL ULUM SUKOWIYONO KARANGREJO

Mohammad Abdul Wakid, Nafik Umurul Hadi

Abstract


Di era globalisasi dan informasi keberadaan pondok pesantren merupakan alternatif lembaga pendidikan yang dianggap mampu menanamkan karakter kepada anak didiknya sehingga kami menganggap penting untuk meneliti lebih dalam terhadap fenomena tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha mendeskripsikan pelaksanaan budaya pesantren dan pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP Plus Miftahul Ulum, Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Disamping itu penelitian ini juga menggali alasan wali santri menyekolahkan putra-putrinya di SMP tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi lapangan. Data yang telah diperoleh di analisis dengan tahapan mentranskrip data, kategorisasi data, mereduksi data, telaah dan analisis data, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa SMP Plus Miftahul Ulum yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum berhasil melaksanakan budaya pesantren serta melaksanakan pendidikan karakter. Adapun karakter yang dikembangkan antara lain sifat religius, kemandirian, integritas, gotong royong, dan nasionalisme. Alasan orang tua siswa menyekolahkan putra-putrinya di pondok tersebut karena tertarik dengan model pendidikan di pesantren tersebut yang banyak memberikan materi dan pembinaan agama sehingga lulusannya memiliki karakter yang baik. Disanping itu mereka tertarik dengan figur sang kyai. Oleh karena itu model pembinaan karakter di SMP Plus Miftahul Ulum dapat dijadikan referensi oleh lembaga lain

Keywords


Budaya Pesantren, Pendidikan & Karakter

Full Text:

PDF

References


Ulum, Miftachul, 2018, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren, Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, No.2, Vol.2, 3, http://e-journal.staima-alhikam. ac.id /index.php/evaluasi/ article/view/161.

Haris, Abdul, 2017, Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Congkop Nagasari Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang. Jurnal Al-Um. No.1,Vol.4, 4 file:///C:/Users/HP/Downloads/330-Article%20Text-555-1-10-20180917.pdf,

Indratmoko, J. Agung, 2017, Pengaruh Globalisasi Terhadap Kenakalan Remaja Di Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Jurnal Citizenship, No.2, Vol.5, 2, http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/ view/1646.

Tandrianti & Darminto, 2018, Perilaku Pacaran Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Tulungagung, Jurnal BK Unesa, Vol.9, No.1, 87, http://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/ view/ 26269.

Makmun, H.A. Rodli, 2014, Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Cendekia, No.2, Vol.12, 3, http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia /article/view/226.

Hidayat, Tatang & Syahidin. 2019. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berpikir Peserta Didik. Jurnal JPAI, No.2, Vol.16, 117, http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/article/view/2631/1708.

Bakar, Abu, 2014, Preferensi Wali Santri Dalam Memilih Pendidikan Tingkat Dasar, Studi Kasus Di Pondok Tahfidz Al-Qur’an AlMuqaddasah Nglumpang Mlarak Ponorogo. Jurnal Kodifikasia, No.1, Vol.8, https://media.neliti.com/media/ publications/144850-ID-preferensi-wali-santri-dalam-memilih-pen.pdf.

Rejono, 2016, Motivasi Belajar Santri Pada Pondok Pesantren Al Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur). Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, No.1, Vol.4, https://s3ppi.umy.ac. id/wp-content/uploads/ 2017/04/Motivasi-Belajar-Santri-pada-Pondok-Pesantren-Al-Ishlah-Sendangagung-Paciran-Lamongan-Jawa-Timur.pdf.

Widarto, T. 2009. Psikologi Lintas Budaya Indonesia, Widya Sari Press, Salatiga.

Hanafi, M. Syadeli, 2018, Budaya Pesantren Salafi (Studi Ketahanan Pesantren Salafi Di Provinsi Banten). Jurnal Alqolam. No.1, Vol.35, 7 http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/382/339.

Wahjoetomo, 1997, Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan, Gema Insani Press, Jakarta.

Karimah, Ummah, 2018, Pondok Pesantren Dan Pendidikan : Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan. Jurnal Misykat, No.1, Vol.3, https://media.neliti.com/media/publications/271146-pondok-pesantren-dan-pendidikan-relevans-6161c43e.pdf.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Muslich, Masnur, 2011, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Bumi Aksara, Jakarta.

Badawi, 2019, Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah. Jurnal SEMNASFIP. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/ 5129.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i5.1018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats