ANALISIS KERUSAKAN RUAS JALAN TALABIU-SIMPASAI KABUPATEN BIMA MENGGUNAKAN APLIKASI PROVINCIAL AND KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS)

Asalam Asalam, I Dewa Made Alit Karyawan, Muhajirah Muhajirah

Abstract


Jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan mengalami penurunan kualitas. Indikatornya adalah kondisi permukaan jalan dari sisi struktural dan fungsional. Kajian Direktorat Jendral Bina Marga bekerja sama dengan Indonesia Infrastruktur Initiative (INDII), menyatakan penyebab utama kerusakan jalan di Indonesia adalah muatan berlebih (47%),  kualitas pemeliharaan (20%),  faktor desain (18%), dan  kualitas konstruksi (15%). Ruas Jalan Talabiu-Simpasai, adalah ruas jalan provinsi yang terletak di Kabupaten Bima, NTB. Ruas jalan ini telah mengalami kerusakan, terutama pada bagian lapisan permukaan dan drainase, sehingga memerlukan penanganan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tujuan  studi ini adalah mengetahui tingkat kerusakan jalan serta mencari rekomendasi yang sesuai. Penelitian ini meliputi survei visual untuk mengetahui kondisi permukaan jalan. Data dianalisis menggunakan aplikasi Provincial and Kabupaten Road Management System (PKRMS), untuk mengetahui kerusakan berdasarkan jenis, tingkat kerusakan dan faktor penyebabnya. Hasil analisis menunjukan kondisi Ruas Jalan Talabiu-Simpasai, dalam kondisi baik 92,73%, rusak sedang 4,85%, dan 2,42% rusak berat. Direkomendasikan dilakukan pemeliharaan rutin dan pekerjaan tertunda serta pekerjaan minor. Pada segmen yang kondisi baik dan sedang dengan perbaikan lapisan permukaan, seperti tambalan lobang. Pelapisan ulang, perbaikan bahu jalan dan drainase dilakukan pada segmen yang mengalami rusak berat.


Keywords


Faktor Penyebab, Kerusakan Jalan, Kondisi Permukaan & Rekomendasi Penanganan

Full Text:

PDF

References


Hardiyatmo, H.C. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Utama, R.M dan Farida, I. 2016. Evaluasi Kondisi structural pada jalan Berdasarkan Hubungan antara Ketidakrataan Permukaan Jalan (IRI) dan Indeks Kondisi jalan (RCI), Ruas Jalan Selajambe-Cibogo-Cibeet, Cianjur, Jurnal Konstruksi, Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Anonim. 2017. Manual P/KRMS Bagian 1,2 dan 3. Panduan Teknis Penerapan PRMS untuk Perencanaan, Pemrograman dan Penganggaran Jalan Daerah, Panduan Teknis Penerapan dan Panduan Pengumpulan Data, Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.

Whitne,1960. Metode penelitian deskriptif, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Anonim. 2020. Data Inventarisasi Jalan dan Data Lalu Lintas Harian rata-rata Jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bidang Bina Marga Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Anonim. 1983. Manual Pemeliharaan jalan No. 03/MN/B/1983, Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta.

Sukirman S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova, Bandung.

Putri, V.A., Diana, I.W dan Putra, S. 2016. Identifikasi Jenis Kerusakan Pada Perkerasan Lentur Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung, JRSDD, Edisi Juni 2016, Vol. 4, No. 2, Hal:197, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Sholihin, L.N., Suprapto, B dan Rachmawati, A. 2020. Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan menggunakan metode Bina Marga dan Metode IRI (International Roughness Index) di Kabupaten Lumajang, Jurnal Rekayasa Sipil/Vol.8.No.3. Fakultas Teknik Sipil Universitas Islam Malang.

Udiana, M.I., Saudale,A.R dan Pah, J.J.S. 2014. Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Study Kasus Ruas Jalan W.J.Lala Mentik dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Jurnal Teknik Sipil FST Undana, Kupang

Sirait, R.B.A.,Syafaruddin A.S., Sulandari,E. 2016. Analisa Kondisi kerusakan Jalan Raya pada Lapisan Permukaan pada Jalan Raya, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Jurnal Teknik Sipil FT UNTAN, Kalimantan Barat.

Saleh, S.M., Sjafruddin, A., Tamin, O.Z. dan Frazila, R.B. 2009. “Pengaruh Muatan Truk Berlebih terhadap Biaya Pemeliharaan Jalan”, Jurnal Transportasi Vol. 9 No. 1, Program Studi Teknik Sipil FTSL Institut Teknologi Bandung.

Anonim. 2018. Spesifikasi Umum untuk pekererjaan konstruksi Jalan dan Jembatan, Jakarta. Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i7.1055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats