ANALISIS KEEFEKTIFAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PERBAIKAN RUMAH RUSAK SEDANG DAN RUMAH RUSAK RINGAN KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT PROVINSI NTB DENGAN METODE SWOT

Susdiana Susdiana, Buan Anshari, Suryawan Murtiadi

Abstract


Pada tahun 2018 Lombok diguncang dengan gempa bumi magnitude 6,4 yang menjadi awal rangkaian gempa selanjutnya yang menimbulkan kerugian yang tidak sedikit baik secara materi dan non materi. Salah satu program pemerintah dalam menindaklanjuti bencana yang telah terjadi yaitu dengan adanya Perbaikan Rumah Akibat Gempa yang terdiri dari perbaikan rumah rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat. Penelitian ini berfokus pada perbaikan rumah rusak ringan dan rusak sedang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan alternatif strategi yang optimal dalam Manajemen penyelenggaraan perbaikan rumah rusak sedang dan rumah rusak ringan korban bencana gempa bumi di kabupaten Lombok Barat menggunakan metode SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat strategi yaitu strategi SO (Strength-Opportunity), strategi WO (Weakness-Opportunity), strategi ST (Strength-Threat), dan strategi WT (Weakness-Threat). Dari ke empat strategi tersebut setelah dilakukan pembobotan dan analisis matrik EFAS dan IFAS diperoleh grand strategi yaitu pada kuadran III dengan strategi WO.

Keywords


Gempa, Perbaikan Rumah, RTG, Manajemen & SWOT

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2010). Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana. Jakarta.

Anonim. (2019). Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat No 360-12 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Perbaikan Rumah Rusak Sedang dan Rumah Rusak Ringan Korban Bencana Gempa Bumi di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2018 Nusa Tenggara Barat.

Fathurrahman. (2019). Penerapan Manajemen Waktu Rekonstruksi Rumah Berbasis Masyarakat Pasca Bencana Gempa di Kabupaten Bireuen. Banda Acah: Universitas Syiah Kuala.

Kurniawan, N. (2017). Strategi Perencanaan Infrastruktur Menuju Kota Tanpa Permukiman Kumuh. Mataram: Universitas Mataram.

Rangkuty F. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan ke 7, Jakarta.

Rio. dan Shandi. (2019). Identifikasi Faktor Sukses Rekonstruksi Rumah Pasca Bencana Gempa Bumi Tahun 2006 di Yogyakarta. Padang: Universitas Andalas.

Zulfakriza, Z. (2018). Melihat Kembali Gempa Lombok 2018 dan Sejarah Kegempaannya.https://regional.kompas.com/read/2018/09/23/11321551/melihat-kembali-gempa-lombok-2018-dan-sejarah-kegempaannya?page=all. Diakses pada 6 September 2020.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats