KAJIAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGOLAHAN TANAH PADA BUDIDAYA TEBU

Wenny Amaliah, I Wayan Astika

Abstract


Pengolahan tanah menggunakan traktor roda-4 sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban dalam proses budi daya tebu untuk memperbaiki kualitas fisik tanah sehingga tanaman tebu dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan kualitas yang baik. Pengolahan tanah untuk lahan tebu dilakukan sebanyak dua kali pembajakan dan pembuatan alur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas dan efisiensi dari pengolahan tanah di lahan perkebunan tebu dengan tenaga traktor roda-4 yang menggunakan tiga jenis implemen. Parameter unjuk kerja traktor dalam pengolahan tanah yang meliputi slip roda, kapasitas kerja yang terdiri atas kapasitas lapang teoritis dan kapasitas lapang efektif, efisiensi lapang. Hasil pengamatan kinerja traktor menunjukkan bahwa kapasitas lapang teoritis yang terbesar yakni pada kegiatan pengkairan, kapasitas lapang efektif yang terbesar pada kegiatan putus akar, dan efisiensi yang tertinggi adalah pengolahan tanah pertama atau bajak I.


Keywords


Budidaya Tebu, Pengolahan Tanah & Uji Kinerja Traktor

Full Text:

PDF

References


Bagian Tanaman Wilayah Tiu PT. Perkebunan Nusantara XI (persero). 2010. Buku Saku SKW: Panduan Teknik Budidaya Tebu. PT. Perkebunan Nusantara XI. Surabaya.

Latiefuddin H, Lutfi M. 2013. Uji kinerja berbagai tipe bajak singkal dan kecepatan gerak maju traktor tangan terhadap hasil olah pada tanah mediteran. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem 1 (3): 274-281.

Nita CV, Siswanto B, Utomo WH. 2015. Pengaruh pengolahan tanah dan pemberian bahan organik (blotong dan abu ketel) terhadap porositas tanah dan pertumbuhan tanaman tebu pada ultisol. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan 2 (1): 119-127.

Nugrahadi H. 2009. Kinerja Mesin Pengolahan Tanah pada Budidaya Tebu Lahan Kering di PG Pesantren Baru, Kediri [skripsi]. Bogor. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Pramuhadi G. 2009. Mekanisasi Usahatani Budidaya Tebu Lahan Kering. Pangan XVIII No. 55.

Suastawa IN, Hermawan W, dan Sembiring EN. 2000. Konstruksi dan Pengukuran KinerjaTraktor Pertanian. Teknik Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. IPB. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i3.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats